06/12/2022 Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022, Akademisi Universitas Brawijaya: Sarana Tepat Informasikan Potensi dan Inovasi Desa | Jember TIMES
Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022

Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022, Akademisi Universitas Brawijaya: Sarana Tepat Informasikan Potensi dan Inovasi Desa

Nov 24, 2022 20:12
Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. (doc MalangTIMES)
Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022. (doc MalangTIMES)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 dinilai Akademisi Universitas Brawijaya (UB) sebagai langkah tepat untuk menginformasikan potensi dan inovasi desa. Hal ini disampaikan Ketua Sistem Informasi dan Teknologi (SIT) Universitas Brawijaya (UB) Dr Raden Arief Setyawan. 

Sebagai salah satu negara pengguna sosial media terbesar di dunia, Arief menilai perlombaan media sosial adalah sarana yang sangat tepat dalam menginformasikan potensi desa. Apalagi data pada We Are Social menunjukkan jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191 juta orang pada Januari 2022. 

Baca Juga : Tim Sepak Bola Jatim Hadapi DKI Jakarta di Final Porwanas 2022 

 

Menurut Arief, tiap generasi memiliki media sosial favorit. Dan saat ini Tiktok telah menjadi salah satu platform sosial media yang banyak diakses oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, setiap desa sebaiknya memanfaatkan media ini untuk menginformasikan potensi desanya.

Terlebih, banyak sekali content creator yang viral berasal dari desa dengan mengangkat kehidupan desa sehari-hari. Arief menyebut hanya kreativitas dan inovasi yang menjadi tantangan bagi desa untuk memanfaatkan potensi ini.

"Media sosial merupakan sarana yang sangat tepat untuk menginformasikan potensi dan inovasi desa. Dengan adanya media sosial, maka siapa pun dapat memberikan publikasi dan informasi potensi desa tanpa ada batasan," jelasnya.

Meskipun media sosial, seperti halnya TikTok atau lainnya, merupakan salah satu sarana promosi yang efektif bagi desa, tetapi tentu saja harus disertai dengan aktivitas-aktivitas yang dilakukan secara tepat dan tak hanya sekadarnya. Hal ini tentunya untuk menjangkau banyak pengguna pada media sosial tersebut.

Sementara itu, pendaftaran Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022 telah diperpanjang. Hal ini tentunya menjadi kesempatan bagi para peserta yang belum mendaftar untuk menuangkan kreativitas mereka dalam bentuk video.

1

Lomba Konten Kreator ini diadakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang bersama dengan Jatim Times Network. 

Pendaftaran event ini semula dibuka sejak  31 Oktober sampai dengan 23 November 2022. Namun, karena antusiasme pendaftar yang cukup tinggi, event ini kemudian diperpanjang dengan batas pengiriman karya hingga 10 Desember 2022.

Sesudah itu, tahapan selanjutnya memasuki penyeleksian untuk mengambil 10 nominator di tiap kategori. Nominator terbaik itu akan diumumkan 13 Desember 2022. 

Karya peserta akan dinilai oleh juri yang terdiri atas bupati Malang, ketua DPRD Kabupaten Malang, wakil bupati, sekda, dan kepala Dinas Kominfo. 

Pendaftaran perlombaan ini tidak dipungut biaya alias gratis. Hadiah yang disediakan pun begitu besar dengan total Rp 44 juta dengan rincian pada masing-masing kategori : 

1. Hadiah Kategori Umum (Perorangan)
-Juara 1: Rp 4 juta
-Juara 2: Rp 3 juta
- Juara 3: Rp 2 juta

2. Hadiah Kategori Sekolah (Beregu)
- Juara 1: Rp 7,5 juta
- Juara 2: Rp 6 juta
- Juara 3: Rp 4 juta

Baca Juga : Masa Pendaftaran Anugerah Desa Terbaik TIK Diperpanjang, Pemerintah Desa Bisa Manfaatkan Waktu 

 

3. Hadiah Kategori Organisasi Perangkat Daerah (Beregu)
- Juara 1: Rp 7,5 juta
- Juara 2: Rp 6 juta
- Juara 3: Rp 4 juta

Perlombaan pada tiap kategori dapat diikuti oleh  peserta : 

1. Umum (Perorangan)
- Bisa diikuti oleh masyarakat umum berbagai usia dan berbagai domisili, tidak harus di kabupaten Malang. Bisa juga diikuti oleh pengelola wisata, hotel, hingga pelaku UMKM.

2. Sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Malang (Beregu)
- Misal: SDN 1 Banjararum, SMP Daarul Ukhuwwah Pakis, SMPN 2 Pakis, MAN
- Gondanglegi, SMK Diponegoro Tumpang, SMA Ar Rohmah Dau, dan seterusnya.
- Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Malang, beserta unit kerja di bawahnya (Beregu)
- Misal: Diskominfo Kabupaten Malang, BKPSDM Kabupaten Malang, RSUD Lawang, Puskesmas Ampelgading, UPT Dinas Bina Marga Kepanjen, UPT Bapenda Singosari, dan lain sebagainya.

Kemudian untuk syarat dan ketentuan sebagai berikut:

- Memiliki kartu identitas (kartu pelajar/kartu mahasiswa/KTP), atau memakai kartu identitas perwakilan apabila peserta di bawah usia.
- Warga Negara Indonesia (WNI).
- Memiliki akun TikTok dan Instagram.
- Akun tidak boleh dikunci dan tidak boleh mengganti username yang didaftarkan.
- Peserta wajib follow akun medsos berikut:
- Instagram @malangkab @kominfokabmlg @jatimtimescom dan TikTok @kominfokabmlg dan @jatimtimes.
- Hanya boleh mengirim satu karya terbaik.
- Video sesuai dengan tema lomba.
- Durasi video 1 menit sampai 2 menit.
- Unggah di TikTok dengan tag akun TikTok @kominfokabmlg.
- Selain mengunggah di TikTok, peserta juga wajib mengunggah video di akun
- Instagram dengan tag akun @malangkab @kominfokabmlg

- Wajib memakai hashtag #KabupatenMalang #HUT1262KabMalang #PialaBupatiMalang2022
- Video tidak boleh dihapus selama periode lomba sampai pengumuman pemenang.
- Peserta mengisi dan mengirimkan link video di google form yang telah disediakan.
- Karya orisinil dan belum pernah diikutkan lomba serupa (dilengkapi surat pernyataan).
- Karya tidak melanggar hak cipta/menyinggung isu SARA/tidak vulgar.
-Peserta yang melakukan kecurangan akan didiskualifikasi.
- Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
- Upload Surat Pernyataan Keaslian Karya. (format surat pernyataan bisa diunduh di link yang disediakan, atau bisa menghubungi contact person).

Sedang untuk penilaian, terdapat beberapa poin, yakni:

- Orisinalitas
- Kekuatan pesan yang disampaikan
- Kualitas gambar
- Kreativitas

 

Judul berita Lomba Konten Kreator Piala Bupati Malang 2022, Akademisi Universitas Brawijaya: Sarana Tepat Informasikan Potensi dan Inovasi Desa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
lomba konten kreator lomba konten kreator piala bupati 2022

Berita Lainnya