Persiapan Porprov Jatim, ESI Jember Jaring Atlet Esport Melalui Turnamen Berhadiah | Jember TIMES

Persiapan Porprov Jatim, ESI Jember Jaring Atlet Esport Melalui Turnamen Berhadiah

Apr 24, 2022 18:36
Salah satu tim peserta lomba ESport yang digelar di Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)
Salah satu tim peserta lomba ESport yang digelar di Jember (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JATIMTIMES – Kompetisi olahraga elektronik atau Esport saat ini sudah diakui dan resmi sebagai bagian dari cabang olahraga. Tidak hanya tingkat nasional, tapi juga Internasional. Bahkan, Esport sendiri sudah menjadi bagian dari event Porprov (Pekan Olah Raga Provinsi) maupun PON (Pekan Olah Raga Nasional).

Meski secara regulasi Esport belum pasti akan dipertandingkan dalam Porprov Jatim 2022 atau tidak, hal ini tidak menyurutkan ESI (Esport Indonesia) Kabupaten Jember untuk mempersiapkan event tersebut. Salah satunya dengan menjaring atlet terbaiknya dengan melakukan ekshibisi dan tournament.

Baca Juga : Bupati Hendy Larang Pejabat Gelar Open House saat Lebaran

Kegiatan Esport competition ini untuk menjaring atlet di Jember. Kegiatan ini sendiri sudah berlangsung mulai Sabtu 23 April kemarin dan ditutup dengan final yang akan digelar pada Minggu (24/4/2022) malam, dan digelar di kantor Grapari Telkomsel Jember.

Dalam turnamen ini, ESI Jember melombakan 2 game Esport yakni Mobile Legend (ML) dan Free Fire (FF). Di mana untuk Mobile Legend ini diikuti oleh 16 tim dengan 1 timnya terdiri 5 player, dan Free Fire diikuti oleh 24 tim dengan 1 timnya terdiri 4 player.

“Kami menggelar lomba Esport ini untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Porprov 2022 nanti, sekaligus untuk mencari atlit-atlit berbakat, karena dalam Porprov nanti tidak menutup kemungkinan Esport akan dilombakan sebagai ekshibisi di porprov, di mana kabupaten Jember menjadi tuan rumah. Mengingat pada PON 20 di Papua tahun kemarin sudah dilombakan,” ujar Maulana ketua Umum ESI Jember Minggu (24/4/2022) menjelang Final Esport saat ditemui di lokasi lomba.

Maulana menjelaskan, bahwa selama ini banyak atlet Esport di Jember yang belum terakomodir dalam wadah ESI. Mereka mengikuti lomba secara ‘liar’ di warung-warung kopi maupun di tempat-tempat yang menyediakan hotspot internet.

Oleh karenanya, agar Esport terus memasyarakat, pihaknya akan terus menggelar Event Esport setiap bulan sekali di masing-masing zona di Jember yang saat ini masih terbagi menjadi 3 Zona, yakni Zona Jember Timur di Kecamatan Kalisat, Zona Kota dan Zona Jember Barat di Kecamatan Balung.

“Untuk memasyarakatkan Esport, kami akan rutin satu bulan sekali menggelar event tingkat zona, dan setiap 3 bulan sekali, kami akan menggelar event dari seluruh zona menjadi satu.” beber Maulana.

Baca Juga : PBSI Kota Malang Panasi Mesin Jelang Porprov

Masih menurut Maulana, selama ini banyak atlet Esport di Jember yang belum bergabung dalam ESI Jember. Oleh karenanya, dengan rutinnya menggelar turnamen/pertandingan
esport competition, akan banyak atlet Esport yang bergabung dan bisa mengasah kemampuan secara bersama-sama untuk meraih prestasi.

“Kalau jumlah atlet Esport di Jember saat ini cukup banyak, ada ratusan lebih, cuma mereka masih belum terdata, saat ini yang terdata di database kami masih sekitar 130 an, dengan rincian Esport kategori PUPG ada 50 team, ML 35 team serta FF 50 team” jelas Maulana.

Maulana berharap, dengan adanya turnamen e-sport competition dapat dilakukan secara rutin, masyarakat akan memahami dan mengerti, jika game yang selama ini hanya dikenal sebagai pelepas penat, bisa memberikan prestasi di bidang olah raga, dan tentunya menghasilkan uang.

Selain itu, juga bertujuan agar masyarakat tahu jika di Jember sudah ada cabang ESI nya. “Untuk event hari ini saja, kami menyiapkan hadiah total Rp 6 juta untuk semua kategori lomba Esport yang kami lombakan, dan untuk penggemar Esport yang belum bergabung bisa bergabung bersama ESI Jember dengan mendaftar di sekretariat ESI Jember di Perumahan Attaya blok C6 – C8," pungkas Maulana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
lomba esport lomba esport atlet esport

Berita Lainnya