Halangi Pandangan Kereta Api, Puluhan Bangunan Liar di Depan Mall Roxy DIbongkar | Jember TIMES

Halangi Pandangan Kereta Api, Puluhan Bangunan Liar di Depan Mall Roxy DIbongkar

Jan 20, 2022 18:52
Bangunan permanen yang diratakan oleh alat berat yang dikerahkan oleh petugas dari PT. KAI Daop 9 (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)
Bangunan permanen yang diratakan oleh alat berat yang dikerahkan oleh petugas dari PT. KAI Daop 9 (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JATIMTIMES – Petugas PT. KAI Daop 9 Jember membongkar bangunan liar di sempadan Rel Kereta Api, tepatnya di depan Mall Roxy Jember, Kamis (20/1/2022). Pembongkaran bangunan menggunakan 2 alat berat ini, dikawal ketat aparat kepolisian.

Vice President PT. KAI Daop 9 Jember Broer Rizal, dalam siaran persnya mengatakan, bahwa pembongkaran bangunan permanen yang selama ini digunakan oleh para pedagang, sesuai dengan amanah Undang-Undang nomor 23 Tahun 2007 tentang perkeretaapian, sebagaimana tertuang dalam pasal 187.

Baca Juga : Pemenang Lelang Pembongkaran Pasar Besar Kota Batu Kehilangan Puluhan Rolling Door, Ini Respons Pemkot

Bahwa setiap orang dilarang membangun gedung, membuat tembok, pagar, tanggul dan bangunan lainnya, Menanam pohon yang tinggi atau menempatkan barang pada jalur kereta api yang dapat mengganggu pandangan bebas dan membahayakan keselamatan perjalanan kereta api.

“Kami sebagai pelaksana penyelenggara prasarana per keretaapian, tetap akan konsisten menjalankan amanah undang-undang itu, semua ini juga demi keselamatan masyarakat, terlebih posisi bangunan berada di Ruwasja (Ruang Pengawas Jalur Kereta Api),” ujar Broer.

Broer juga menjelaskan, bahwa dalam melakukan pembongkaran bangunan liar tersebut, pihaknya juga sudah melalui tahapan-tahapan, dimana pihaknya mengirimkan surat mulai dari SP (Surat Peringatan) 1 hingga SP 3.

Baca Juga : Tingkatkan Kolaborasi untuk Keberlanjutan, Ignasius Jonan: Peran Pemimpin Tangguh sebagai Agen Perubahan

“Sebelum melakukan pembongkaran, kami sudah memberikan SP 1 sampai SP 3, yang kami kirim mulai awal Januari 2022 lalu, SP ini diberikan untuk memberikan kesempatan kepada pemilik warung atau lapak untuk segera mengosongkan bangunan secara mandiri,” pungkas Broer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Berita Jember broer rizal Kabupaten Jember

Berita Lainnya