31 Napi Lapas Jember Dapat Asimilasi, Kalapas: Sesuai Permen 43 yang Terbaru | Jember TIMES

31 Napi Lapas Jember Dapat Asimilasi, Kalapas: Sesuai Permen 43 yang Terbaru

Jan 14, 2022 16:54
Kalapas Jember Hasan Basri saat melepas puluhan napi yang mendapatkan asimilasi (foto: Moh. Ali Makrus/ JemberTIMES)
Kalapas Jember Hasan Basri saat melepas puluhan napi yang mendapatkan asimilasi (foto: Moh. Ali Makrus/ JemberTIMES)

JATIMTIMES – 31 Warga Binaan (WB) Lapas Kelas II A Jember, Jumat (14/1/2022) bisa menghirup udara segar dan berkumpul dengan keluarganya. Hal ini setelah mereka mendapatkan asimilasi rumah yang diberikan oleh Kemenkumham.

Selain 31 WB yang mendapatkan asimilasi rumah, juga ada 1 warga yang mendapatkan Pembebasan Bersayarat (PB) dan 2 WB mendapatkan Cuti Bersyarat (CB).

Baca Juga : FIFGROUP Resmikan Gedung Baru Optimalkan Pelayanan Untuk Custumer Cabang Banyuwangi

Menurut Hasan Basri selaku Kalapas Kelas II A Jember, asimilasi ini diberikan sesuai dengan peraturan Menteri (Kemekumham) no 43 tahun 2021, dimana asimilasi bagian dari upaya mengurangi jumlah warga binaan karena pandemi covid-19.

“Program asimilasi ini sudah berjalan sejak ada pandemi covid-19, dan hari ini asimilasi kembali kami berikan untuk 34 warga binaan, di mana 31 napi asimilasi, 1 napi PB dan 2 napi CB, mereka diberikan asimiliasi rumah,” ujar Kalapas.

Kalapas menjelaskan, bahwa mereka yang mendapatkan asimilasi adalah WB yang selama ini berkelakuan baik selama di lapas, dan masa tahanannya tinggal 2/3 pada bulan Juni nanti. “Yang jelas mereka yang mendapatkan asimilasi adalah yang berkelakuan baik selama di lapas, dan bukan residivis,” bebernya.
 
Namun meski 34 warga binaannya saat ini sudah bisa berkumpul dengan keluarganya, bukan berarti mereka sudah bebas. Tapi mereka masih dikenai wajib lapor, dan tetap menjaga perilaku selama proses asimilasi ini berlangsung, hal ini karena para napi yang mendapatkan asimilasi ini belum sepenuhnya bebas.

Baca Juga : Jokowi sudah Kantongi Nama Ibu Kota Baru, Diumumkan saat Pengesahan RUU IKN

“Meski mereka sudah berkumpul dengan keluarganya serta berbaur dengan masyarakat, perilaku mereka tetap masih dalam pantauan pihak lapas, jika kembali berbuat hal yang merugikan masyarakat, dan ada masyarakat yang melaporkan, maka akan kami cabut asimilasinya,” pungkas Kalapas. (*)

Topik
Lapas Jember asimilasi napi asimilasi napi jember

Berita Lainnya