06/12/2022 3 Pesepak Bola Cantik Timnas Wanita Indonesia yang Curi Perhatian, Siap Unjuk Gigi di Piala Asia Putri 2022 | Jember TIMES

3 Pesepak Bola Cantik Timnas Wanita Indonesia yang Curi Perhatian, Siap Unjuk Gigi di Piala Asia Putri 2022

Jan 13, 2022 12:57
Zahra Muzdalifah, Rani Mulyasari, dan Shalika Aurelia (Foto: IST)
Zahra Muzdalifah, Rani Mulyasari, dan Shalika Aurelia (Foto: IST)

Pewarta: Desi Kris | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Sebanyak 23 pemain akan membela tim nasional putri Indonesia di ajang Piala Asia 2022 di Mumbai, India, 20 Januari-6 Februari 2022. Dari ke-23 pemain tersebut terdapat beberapa pesepak bola wanita cantik yang sukses mencuri perhatian. Di antaranya yakni Zahra Muzdalifah, Rani Mulyasari, dan Shalika Aurelia

Seperti diketahui, Zahra Muzdalifah sudah beberapa kali memperkuat timnas putri Indonesia. Salah satunya, pada Asian Games 2018 di Jakarta. Saat itu, ia berhasil mencetak dua gol ke gawang Maladewa, sekaligus membuat Indonesia menang 6-0. Kali ini, di Piala Asia Putri 2022, Zahra berusaha membawa Indonesia bersaing dengan Australia, Thailand, dan Filipina di Grup B.

Baca Juga : Jadi Kota Termacet ke-4 se-Indonesia, Pemkot Malang Buat Strategi Ini

Sementara, di Grup A dihuni India, China, Taiwan (Chinese Taipei), dan Iran. Sedangkan, Grup C diisi Jepang, Korea Selatan, Vietnam, dan Myanmar. Hanya juara grup, runner-up, dan 2 tim yang menempati peringkat ke-3 terbaik yang berhak lolos ke perempat final atau babak 8 Besar Piala Asia Putri 2022.

Zahra lahir di Jakarta pada 4 April 2001 silam. Sejak kecil, ia sudah menyukai sepak bola dan sempat bergabung dengan sebuah klub sepak bola. Kecintaannya kepada sepak bola menurun dari sang ayah. Sosok pertama yang mengenalkannya pada dunia tersebut. Karier sepak bolanya dimulai dari SSB Madani Meruya dan SSB Patriot Merah Putih. 

Lalu, pada 2012 Zahra bergabung dengan ASIOP Football Academy yang membuat bakatnya kian terasah. Saat usianya baru 12 tahun, ia diberi kepercayaan oleh ASIOP untuk mengikuti kompetisi sepak bola di Norwegia saat itu.

Zahra

Di kategori futsal, Zahra pernah menjadi top skor Liga Futsal Nusantara 2016 regional Jakarta. Ketajamannya juga terlihat saat ia berhasil membela Timnas Indonesia.

Di Asian Games 2018, Zahra mencetak 2 gol dalam kemenangan 6-0 Indonesia atas Maladewa. Bahkan, ia mampu mencetak gol saat Drupadi AIA Indonesia di final AIA Championship 2019 di markas Tottenham Hotspur. Di partai final, tim Zahra berhasil mengalahkan wakil Tiongkok, The Strikers dengan skor 2-1 di mana ia mencetak 1 gol. 

Selain Zahra, pemain timnas lain yang juga mencuri perhatian adalah Rani Mulyasari. Rani dikenal sebagai salah 1 gelandang terbaik di sepak bola wanita Indonesia.

Wanita kelahiran 4 Maret 1993 itu memiliki sejumlah pengalaman dan prestasi mentereng sepanjang kariernya sebagai pesepak bola wanita. Prestasi terbaru yang diraihnya adalah juara Women Pro Futsal League 2020 bersama Persiba Balikpapan. 

Rani memang lebih sering di lapangan futsal ketimbang di lapangan bola. Tapi, berkat kemampuannya di lapangan futsal, ia menjadi andalan lini tengah timnas wanita saat ini.

Rani

Sebagai atlet sepak bola wanita, ia mampu memberikan suguhan menarik. Selain skill yang dimiliki, wajah manisnya membuat penggemar sepak bola wanita akan bertambah semangat memberikan dukungan.

Ada pula Shalika Aurelia pemain timnas wanita yang tak kalah mencuri perhatian. Berkat kepiawaiannya di lapangan hijau, Shalika berhasil memikat hati Roma ke Liga Italia. 

Tentunya hal itu sangat mengejutkan insan persepakbolaan di Indonesia. Kepastian Shalika Aurelia bermain untuk Roma disampaikan langsung oleh laman resmi Klub pada hari Minggu 8 Januari 2022 kemarin.

Baca Juga : NU Soroti Tersendatnya Alokasi dan Pendistribusian Pupuk Subsidi di Tuban

"Roma Calcio Femminile terus memperkuat mawar dan senang untuk mengumumkan kedatangan Kapten membela Nasional Indonesia Shalika Aurelia Viandrisa," tulis laman klub. 

Shalika lahir dengan nama lengkap Shalika Aurelia Viandrisa di Jakarta pada 1 Agustus 2003, bermain pada posisi bek tengah atau sayap. Ia pernah memperkuat Tim PON DKI Jakarta Timnas, Indonesia Putri U-16, dan Timnas Indonesia Putri.

Shalika

Shalika juga pernah menjalani uji coba di sejumlah klub elit Eropa seperti tim Inggris, West Ham Women pada 2019. Selain itu, ia juga sempat menjajal kemampuan di klub Jerman, Bayern Munich Women pada 2021 lalu, lantas bergabung ke Roma CF.

Sebagai informasi, Indonesia melakoni pertandingan pertama di Piala Asia Putri 2022 menghadapi Australia pada 21 Januari 2022. Kemudian, pada 24 Januari 2022, Indonesia melawan Thailand dan terakhir, 27 Januari 2022, menghadapi Filipina. Piala Asia Putri 2022 sekaligus sebagai ajang kualifikasi Piala Dunia Wanita 2023 di Australia dan Selandia Baru. Lima tim akan lolos langsung ke Piala Dunia Wanita 2023, sementara dua tim akan melewati play-off interconfederation yang digelar 17-23 Febuari 2023.

Babak play-off interconfederation dikuti 10 tim, yakni dua tim dari Asia (AFC), dua tim dari Afrika (CAF), dua tim dari Amerika Utara (CONCACAF), dua tim dari Amerika Selatan (CONMEBOL), satu tim dari Oceania (OFC), dan satu tim dari Eropa (UEFA).

Ke-10 tim tersebut akan dibagi dalam tiga grup. Juara grup akan lolos ke putaran final Piala Dunia Wanita 2023.

Berikut 23 pemain timnas putri Indonesia di Piala Asia 2022:

1. Ade Mustikiana Oktafiani
2. Baiq Amiatun Shalihah
3. Carla Bio Pattinasarany
4. Diah Tri Lestari
5. Fani
6. Helsya Maeisyaroh
7. Maresela Yuliana Awi
8. Maulina Novryliani
9. Nurhalimah
10. Oktavianty Dwi
11. Pani Tri Oktavianti
12. Rani Mulya Sari
13. Reva Octaviani
14. Riska Aprilia
15. Remini Chere Rumbewas
16. Rosdilah Siti Nurrohmah
17. Sabrina Mutiara Firdaus
18. Shalika Aurelia Viandrisa
19. Tia Darti Septiawati
20. Viny Silfianus Sunaryo
21. Vivi Oktavia Riski
22. Zahra Muzdalifah
23. Insyafadya Salsabillah

Judul berita 3 Pesepak Bola Cantik Timnas Wanita Indonesia yang Curi Perhatian, Siap Unjuk Gigi di Piala Asia Putri 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pemain timnas wanita indonesia timnas wanita indonesia

Berita Lainnya