6 Fitur Baru WhatsApp Siap Meluncur Tahun Ini, Apa Saja?  | Jember TIMES

6 Fitur Baru WhatsApp Siap Meluncur Tahun Ini, Apa Saja? 

Jan 04, 2022 09:41
WhatsApp (Foto: threatpost.com)
WhatsApp (Foto: threatpost.com)

JATIMTIMES - WhatsApp masih menjadi aplikasi chat terpopuler di dunia. Seperti diketahui, sepanjang 2021 WhatsApp menggulirkan sederet fitur dan update baru yang beberapa di antaranya sempat dikritik pengguna dan regulator. 

Di 2022, aplikasi messaging milik Meta ini kembali akan merilis banyak fitur yang telah dinanti pengguna. Tahun lalu, WhatsApp menghadirkan fitur baru seperti panggilan suara dan video di desktop, transfer riwayat chat dari iOS ke Android, pesan dan foto yang menghilang secara otomatis, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Kondisi Politik 2022 Menurut Mata Batin Praktisi Metafisika dan Retrokognisi

Selain itu, WhatsApp juga menerapkan kebijakan privasi baru yang sempat membuat kontroversi. WhatsApp juga menguji coba banyak fitur baru yang beberapa di antaranya sudah bisa diakses oleh pengguna beta. 

Berikut 6 enam fitur baru WhatsApp yang siap dirilis 2022 seperti dikutip dari Business Insider:

1. Message reactions

WhatsApp saat ini menguji coba fitur message reactions. Fitur ini sebenarnya sudah tersedia di beberapa media sosial seperti Twitter dan Facebook. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberikan reaksi kepada chat yang mereka terima dalam bentuk emoji. Saat ini terdapat 6 emoji yang sudah ditemukan dalam uji coba. Pengguna juga bisa melihat siapa saja teman yang meninggalkan emoji reaksi.

2. Communities

Communities merupakan salah 1 fitur besar WhatsApp yang saat ini sedang diuji coba. Fitur ini memungkinkan pengguna menggabungkan beberapa grup WhatsApp sekaligus ke dalam 1 komunitas.

Berdasarkan laporan dari WABetaInfo, saat ini pengguna bisa menggabungkan hingga 10 grup ke dalam 1 komunitas. Namun hanya akan ada bagian pengumuman yang bisa diakses oleh admin grup di mana pesan bisa dikirimkan ke semua grup di dalam komunitas.

3. Transfer chat dari Android ke iOS

Tahun lalu WhatsApp telah merilis fitur yang memungkinkan pengguna mentransfer riwayat chat dari iOS ke Android. Fitur itu telah lama diminta oleh pengguna karena sebelumnya transfer chat WhatsApp antar platform tidak bisa dilakukan dengan mudah.

Namun WhatsApp tidak sekaligus mengumumkan fitur sebaliknya yakni transfer chat dari Android ke iOS. Untungnya fitur tersebut sudah dalam tahap pengembangan dan diprediksi akan siap dirilis dalam waktu dekat.

Baca Juga : Persewangi Banyuwangi Siapkan 22 Pemain di Liga 3 Nasional

4. Toko stiker di desktop dan web

Stiker adalah salah 1 fitur penting dan menarik WhatsApp. Namun fitur ini justru agak terbatas di desktop dan web. Saat ini pengguna tidak bisa mengakses toko stiker di desktop dan web untuk mencari stiker packs yang diinginkan, padahal fitur ini tersedia di aplikasi mobile. Kini kabarnya, WhatsApp Desktop versi beta sudah bisa menjajal toko stiker yang masih dalam tahap uji coba. Fitur ini diperkirakan akan rilis dalam waktu dekat.

5. Kontrol lebih untuk admin grup

Admin grup WhatsApp akan jadi lebih berkuasa berkat fitur baru ini. WhatsApp sedang menguji coba update untuk memberikan kontrol lebih besar kepada admin grup.

Kontrol yang dimaksud yakni admin grup WhatsApp akan memiliki kemampuan untuk menghapus pesan yang dikirimkan oleh anggota grup. Jika pesan dihapus oleh admin grup, maka partisipan lainnya juga akan diberitahu.

6. Business Nearby

WhatsApp juga sedang mengembangkan fitur baru yang memudahkan pengguna untuk mencari bisnis di aplikasinya. Dengan fitur tersebut akan ada bagian baru di aplikasi yakni bernama 'business nearby'.

Pengguna bisa mencari bisnis seperti restoran, toko kelontong, toko fashion, dan lain-lain yang ada di WhatsApp dan mengurutkannya menggunakan filter yang ada. Filter tersebut mirip dengan yang ada untuk menyaring foto, video, dan GIF di WhatsApp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Fitur Baru WhatsApp berita teknologi

Berita Lainnya