Kisah Ketika Fir'aun Gagal Bertaubat, Mulutnya Disumpal Lumpur oleh Malaikat Jibril | Jember TIMES

Kisah Ketika Fir'aun Gagal Bertaubat, Mulutnya Disumpal Lumpur oleh Malaikat Jibril

Jan 02, 2022 09:26
Ilustrasi (taffakurfiddin)
Ilustrasi (taffakurfiddin)

JATIMTIMES - Fir'aun mahluk yang dilaknat Allah disumpal mulutnya oleh Malaikat Jibril saat akan bertobat. Al Qur'an telah menyampaikan kepada umat tentang kisah Fir'aun. Pada detik-detik akhir hidupnya, Fir'aun yang sebelumnya meneguhkan dirinya sebagai Tuhan itu sadar bahwa dirinya bukanlah sang pencipta seperti yang ia dengungkan kepada kaumnya.

Dikisahkan dari Taffakur Fiddin, Ia (Fir'aun) menyadari kesalahannya dan bahkan meyakini Allah SWT. Namun ketika ia kan mengucapkan kalimat syahadat, tiba-tiba Malaikat Jibril menyumpal mulutnya. Malaikat Jibril menyumpal mulut Fir'aun dengan Halul Bahri (lumpur hitam yang ada di bawah laut). Fir'aun tewas bersama bala tentara di laut merah karena tenggelam saat mengejar Nabi Musa.

Baca Juga : Lakukan dan Jangan Singkirkan Benda Ini dari Rumah, Tanda Malaikat Pembawa Rezeki Datang

Nabi Musa menyeberangi lautan setelah laut terbelah atas izin Allah. Mereka kemudian menyeberang hingga ke tepian laut. Saat Nabi Musa bersama kaumnya menyeberangi lautan Firaun melihat hal itu dan nampak sedikit terperangah akan terbelahnya laut.

Fir'aun saat itu sempat akan memberhentikan kudanya dan akan berbalik arah. Namun pada saat yang sama, malaikat Jibril datang bersama kudanya dan mengiringi kuda Fir'aun agar memasuki lautan yang terbelah itu. Di luar kendali, kereta Firaun berlari ke arah tengah lautan dengan diikuti para balatentaranya. Bala tentaranya mengira Firaun memimpin komando untuk mengejar Nabi Musa.

Sementara itu Nabi Musa dan umatnya yang telah tiba di tepian laut, kemudian diperintahkan Allah untuk memukulkan tongkatnya ke laut hingga laut kembali menyatu dan menenggelamkan Firaun dan bala tentaranya. 

Saat Firaun terombang-ambing dan tenggelam di lautan, saat itulah ia menyadari kedudukannya. Ia mulai meyakini akan kekuasaan Allah SWT. Di saat nafasnya mencapai pangkal leher, Firaun menyatakan keimanannya sebagaimana yang disebutkan dalam Alquran Surat Yunus 90.

"Hingga bila Firaun itu telah hampir tenggelam, berkatalah dia: aku percaya bahwa tidak ada Tuhan melainkan Tuhan yang diimani oleh Bani Israil, dan aku termasuk orang-orang yang berserah diri (Kepada Allah)".

Pada detik-detik akhir inilah, kemudian Malaikat Jibril mengambil tanah dari dasar laut dan menyumpalkannya ke mulut Firaun. Kesombongan dan kecongkakan dari Firaun itulah yang membuat malaikat Jibril sangat membencinya. 

Baca Juga : Seorang PNS Ditemukan Tewas di Kamar Hotel saat Pergantian Tahun Baru, Mulut Berbusa

Maka saat terdapat tanda-tanda Firaun akan bertobat dan Malaikat Jibril takut Allah akan mengampuninya, malaikat Jibril kemudian menyumpal mulut Fir'aun agar tidak mengucapkan kalimat tauhid. 

Hal ini sebagaimana yang diriwayatkan Imam at Tirmidzi dari Ibnu Abbas, "bahwa Nabi SAW bersabda, sewaktu Allah menenggelamkannya Firaun, ia mengucapkan, 'aku beriman bahwa tiada tuhan kecuali yang diimani kaum Bani Israil'. Kemudian malaikat Jibril berkata, “Wahai Muhammad, seandainya engkau melihatku, kala itu aku mengambil tanah hitam dari dasar lautan. Lalu memasukkannya ke dalam mulut Fir‘aun karena takut ia diliputi oleh rahmat".

Kekufuran dan kezaliman Firaun sudah sampai pada puncaknya. Sampai-sampai Nabi Musa beroda agar Firaun tak diterima taubatnya.

"ya Tuhan kami, sesungguhnya engkau telah memberi kepada Firaun dan pemuka-pemuka kaumnya perhiasan dan harta kekayaan dalam kehidupan dunia. Ya Tuhan kami akibatnya mereka menyesatkan manusia dari jalan engkau. Ya Tuhan kami, binasakanlah harta benda mereka, dan kunci matilah hati mereka, maka mereka tidak tidak beriman hingga mereka melihat siksa yang pedih," (QS Yunus 88).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
firaun Malaikat Jibril kisah nabi musa firaun bertaubat

Berita Lainnya