30/11/2022 Melesat ke Peringkat 6, Capaian Indikator MCP Jember Diapresiasi | Jember TIMES

Melesat ke Peringkat 6, Capaian Indikator MCP Jember Diapresiasi

Nov 16, 2021 07:57
Bupati Jember H. Hendy Siswanto (foto : infokom / Jember TIMES)
Bupati Jember H. Hendy Siswanto (foto : infokom / Jember TIMES)

Pewarta: Moh. Ali Mahrus | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengapresiasi kenaikan peringkat Kabupaten Jember dalam torehan MCP (Monitoring Center for Preventation). Jika tahun sebelumnya berada di peringkat paling bawah dengan point 28, pada tahun 2021 naik di peringkat 6.

Hal ini disampaikan Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK RI Brigjendpol Bahtiar Ujang Purnama dalam acara Rapat Koordinasi Pemberantasan tindak pidana Korupsi yang digelar di Gedung Grahadi Surabaya bersama seluruh kepala daerah di Jawa Timur.

Baca Juga : Sinergi dengan BPJAMSOSTEK, Disperindag Kabupaten Blitar Beri Perlindungan PKL

“Kami mengapresiasi kepada Jember, di mana pada tahun 2020, MCP Jember berada di peringkat paling bawah, yakni nomor urut 28 dalam pencegahan korupsi, namun saat ini, Jember berada di peringkat 6 se-jawa timur, hal ini menunjukkan jika Jember mampu dan berhasil dalam menjalankan program pencegahan korupsi,” ujar Brigjendpol Bahtiar Ujang Purnama.

Atas keberhasilan ini, Bahtiar berharap, agar daerah lain bisa melakukan hal yang sama seperti yang sudah dilakukan oleh Kabupaten Jember.

Bupati Jember H. Hendy Siswanto dalam kesempatan tersebut menyampaikan rasa syukurnya atas apa yang sudah diraih oleh Kabupaten Jember. Keberhasilan ini merupakan keberhasilan semua pihak, terutama jajaran Forkopimda dan juga seluruh masyarakat Jember.

“Hari ini kami bersama dengan ketua DPRD Jember menghadiri undangan dari KPK dalam acara rakor pemberantasan tindak pidana korupsi terintegrasi, dan Alhamdulillah capaian indikator MCP Kabupaten Jember naik di peringkat 6, dibandingkan pada tahun lalu Jember berada di peringkat 28,” ujar Bupati Jember H. Hendy Siswanto didampingi ketua DPRD Jember H. Itqon Tsyauqi saat ditemui di Gedung Grahadi usai rakor.

Menurut Bupati, keberhasilan Kabupaten Jember dalam meningkatkan indikator MCP ini menunjukkan, jika Kabupaten Jember sudah membenahi diri dalam tata kelola pemerintahan. Mulai dari pengelolaan aset, keuangan secara efektif, transparansi dan akuntabel.

Baca Juga : Gempur Rokok Ilegal, Disparbud Kota Blitar Gencar Sosialisasi ke Pelaku Wisata

“Keberhasilan ini menunjukkan jika Jember sudah membenahi diri dan taat dalam tata kelola pemerintahan, seperti transparansi, tentu keberhasilan ini akan memacu kami lebih baik dalam pengelolaan pemerintahan yang transparan,” beber Bupati.

Sementara Ketua DPRD Jember, H. Itqon Tsauqi menambahkan, keberhasilan dan apresiasi yang diberikan KPK kepada Kabupaten Jember, bisa menjadi semangat semua elemen untuk membawa Jember lebih maju lagi.

“Mudah-mudahan keberhasilan ini bisa menjadi semangat kami, baik jajaran ekskutif, legistlatif dan semua pihak dalam mewujudkan Jember lebih maju lagi,” pungkas Itqon.

Judul berita Melesat ke Peringkat 6, Capaian Indikator MCP Jember Diapresiasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kabupaten Jember Bupati Jember

Berita Lainnya