Celine Evangelista, Sahabat Akrab Vanessa Angel, Ternyata Keturunan Pahlawan Indonesia | Jember TIMES

Celine Evangelista, Sahabat Akrab Vanessa Angel, Ternyata Keturunan Pahlawan Indonesia

Nov 09, 2021 10:45
Celine Evangelista (Foto: Instagram)
Celine Evangelista (Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Indonesia akan menyambut Hari Pahlawan Nasional besok Rabu (10/11/2021). Tahun ini Hari Pahlawan akan dirayakan dengan mengusung tema 'Pahlawan Inspirasiku.'

Sementara  logo Hari Pahlawan 2021 sendiri memuat unsur bambu runcing, bendera Merah Putih, dan tulisan tema.

Baca Juga : Konten Pemanggilan Arwah Vanessa Angel Viral di Medsos, MUI Beri Kecaman

 Logo tersebut tentu mengandung sejumlah makna. Mulai dari kesederhanaan, saling menolong dan sumber inspirasi generasi muda. Sudah sepatutnya masyarakat Indonesia mengenang dan terinspirasi perjuangan para pahlawan zaman dulu sehingga bisa menjadi Indonesia seperti sekarang. 

Di balik itu, ternyata ada sederet selebriti tanah air yang merupakan keturunan pahlawan nasional. Dengan darah pahlawan mengalir dalam dirinya, selebriti ini menorehkan prestasi cemerlang melalui karyanya di dunia hiburan. 

Siapa saja mereka? Berikut rangkumannya: 

1. Celine Evangelista 

Celine Evangelista

Tak disangka, salah satu sahabat almarhumah Vanessa Angel, Celine Evangelista merupakan salah satu artis keturunan pahlawan. Celine diketahui adalah cicit dari H Fadeli Luran, tokoh pemersatu agama Islam dan penyebar agama Islam di Makassar, Sulawesi Selatan. 

Selain itu, Fadeli mengenyam pendidikan militer. Fadeli  pun sempat dipercaya mengemban jabatan sebagai komandan batalyon di Sulawesi.

Lahir dengan jiwa pemimpin yang kuat, Fadeli dipercaya memegang banyak posisi krusial di beberapa organisasi. Sebagai bentuk pengabdiannya kepada negara dan agama, Fadeli bersama rekan lainnya mendirikan organisasi yang menampung aspirasi kelompok Islam.

"Pulang ke Makassar kampung kakek ku. Ziarah ke makam kakek buyut ku Haji Faedli Luran, ke kakek kandung ku Sultani Fadeli & keluarga yang lain," tulis Celine di salah 1 unggahan Instagramnya. 

2. Maia Estianty 

Maia Estianty 

Produser musik Maia Estianty juga salah satu artis yang memiliki darah keturunan pahlawan. Maia merupakan cicit dari Raden Hadji Oemar Said (HOS)  Tjokroaminoto yang merupakan pahlawan nasional sekaligus pemimpin abadi Sarekat Islam (SI).

Tjokroaminoto memimpin SI sejak 1914 hingga wafat pada 17 Desember 1934. Di bawah kendalinya, SI sempat menjadi salah satu organisasi massa terbesar dalam sejarah pergerakan nasional. 

Beliau juga merupakan guru bagi tokoh-tokoh yang sangat berpengaruh seperti Soekarno, Semaoen, Musso, hingga Maridjan Kartosoewirjo.

3. Dian Sastrowardoyo 

Dian Sastro

Dian Sastrowardoyo adalah cucu keponakan dari Prof Mr Sunario Sastrowardoyo. Dalam sebuah kesempatan, Dian mengaku pernah bertemu dengan sang kakek saat usianya masih sangat belia. 

Prof Mr Sunario Sastrowardoyo merupakan salah satu tokoh yang berperan aktif dalam dua peristiwa yang menjadi tonggak sejarah nasional, Manifesto 1925 dan Kongres Pemuda II. Beliau juga merupakan satu tokoh Indonesia pada masa pergerakan kemerdekaan Indonesia dan pernah menjabat sebagai pengurus Perhimpunan Indonesia di Belanda.

4. Dewi Yull 

Dewi Yull 

Penyanyi legendaris Dewi Yull adalah cicit dari RM Tirto Adhisoerjo yang merupakan seorang tokoh pers dan tokoh kebangkitan nasional Indonesia. 
RM Tirto Adhisoerjo juga dikenal sebagai perintis persuratkabaran dan kewartawanan nasional Indonesia. Hingga kini, nama RM Tirto Adhisoerjo menjadi inspirasi tokoh utama dalam penulisan tetralogi Pulau Buru karya Pramoedya Ananta Toer. 

Tetralogi ini memiliki 4 serial yakni Bumi Manusia (1980), Anak Semua Bangsa (1981), Jejak Langkah (1985), dan Rumah Kaca (1988). Nama RM Tirto Adhisoerjo dalam kisah tersebut bernama Minke.

Jilid pertama berjudul Bumi Manusia telah difilmkan oleh sutradara Hanung Bramantyo. Karakter Minke diperankan oleh aktor muda Iqbaal Ramadhan.

5. Karina Salim 

Karina Salim 

Karina Salim termasuk figur publik keturunan pahlawan. Ia merupakan cicit dari H Agus Salim. 

Agus Salim ditetapkan sebagai salah satu pahlawan Indonesia pada 27 Desember 1961 melalui Keppres No. 657 tahun 1961. Agus Salim juga pernah menjabat sebagai menteri luar negeri pada era jabatan Presiden Soekarno.

7. Asri Welas 

Asri Welas 

Asri Welas ternyata merupakan keturunan ke-7  pahlawan  nasional Pangeran Diponegoro. Hal itu diketahui setelah ia bekecimpung di industri hiburan. Dalam suatu kesempatan, Asri mengaku bangga masih memiliki darah keturunan langsung dari pahlawan besar. 

Pangeran Diponegoro dikenal sebagai pemimpin Perang Diponegoro atau disebut Perang Jawa selama periode 1825 hingga 1830 melawan pemerintahan Hindia Belanda.

7. Jeje Soekarno 

Jeje Soekarno

Jeje Soekarno merupakan cicit dari Presiden pertama RI Ir Soekarno. Jeje merupakan anak dari Donna Harun dengan Hendra Pahtomo anak dari Rachmawati Soekarnoputri. 

Rachmawati Soekarno putri sendiri adalah putri kandung Soekarno bersama Fatmawati. Jeje kini dikenal sebagai aktor dan juga selebgram.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Artis keluarga pahlawan Keturunan pahlawan selebriti keluarga pahlawan pahlawan Indonesia

Berita Lainnya