Daftar Video YouTube Paling Banyak Ditonton 2021, Drama hingga Perawatan Kulit Pria | Jember TIMES

Daftar Video YouTube Paling Banyak Ditonton 2021, Drama hingga Perawatan Kulit Pria

Oct 16, 2021 09:05
YouTube (Foto: Coletiv.me)
YouTube (Foto: Coletiv.me)

JATIMTIMES - YouTube baru saja merilis daftar video paling banyak ditonton di acara Brandcast Delivered tahun 2021. Pada daftar tersebut tercatat bahwa video konten drama, keuangan, dan perawatan kulit meningkat lebih dari 2 kali lipat.

Brandcast Delivered adalah acara marketing tahunan dari YouTube. Youtube merilis daftar itu berdasarkan survei yang dilakukan ComScore VMX.

Baca Juga : MG Maze, Mobil Konsep Perpaduan Dunia Game dan Otomotif

Hasil survei itu menyatakan lebih dari 100 juta penonton berusia di atas 18 tahun di Indonesia menonton video YouTube setiap bulannya. Jumlah itu meningkat 30 persen dari tahun lalu. 

Sebagian besar pertumbuhan ini datang dari kota-kota di tingkat 2 dan 3, dengan waktu tonton mencapai 4,3 jam per hari. Survei dilakukan mulai dari kuartal pertama 2020 hingga kuartal pertama 2021. 
Berikut daftar peningkatan waktu tonton warga Indonesia pada sejumlah konten di  YouTube:

1. Video drama, keuangan, dan perawatan kulit secara keseluruhan meningkat lebih dari 2 kali lipat

2. Video makanan meningkat 40 persen

3. Video tentang game RPG meningkat 70 persen

4 Video perawatan kulit pria juga naik 2 kali lipat

Peningkatan waktu tonton pada sejumlah konten seperti keuangan dianggap sebuah kemajuan oleh Youtube. Hal itu menjadi tanda bahwa orang Indonesia mulai 'melek' terhadap literasi keuangan.

"YouTube adalah platform yang bagus untuk belajar. Kenaikan waktu tonton hingga 100 persen untuk video terkait keuangan menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk mempelajari kemampuan baru selama pandemi," ucap Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia dalam keterangan resmi dikutip Sabtu (16/10/2021).

"Studi yang kami lakukan pada Juni 2021 menyoroti hal ini dan menunjukkan bahwa ada semakin banyak Gen-Z yang semakin melek dengan literasi keuangan, seperti belajar investasi dan pengelolaan keuangan," tambah Randy. 

Selain itu, peningkatan waktu tonton di konten lain seperti makanan juga dianggap berdampak baik pada penonton, di antaranya membuat resep masakan baru.

Baca Juga : Antisipasi Zoonosis, Pemkot Kediri Pantau Kesehatan Kucing Terlantar

"Untuk kategori makanan, pada masa pandemi masyarakat Indonesia suka menonton video mukbang populer. Namun, mereka juga belajar cara membuat resep masakan baru," ujar Randy.

Sementara dalam kategori drama, drama Korea menjadi semakin populer sebagai konsumsi hiburan masyarakat Tanah Air. Namun sejumlah saluran lokal seperti Layar Drama Indonesia di RCTI juga tidak kalah saing dengan drama Korea. 

Pada kesempatan yang sama, YouTube juga menyampaikan yang diraih oleh para kreator di Indonesia. Saat ini YouTube mencatat ada 1.000 channel di Indonesia dengan jumlah subscriber lebih dari satu juta.

Ada pula 25 kreator Indonesia yang telah berhasil mendapatkan Diamond Play Button karena telah melampaui 10 juta subscriber. Semua kreator itu membuat video dalam berbagai format, mulai dari YouTube Shorts hingga video berdurasi panjang dan live streaming.

YouTube mengatakan berbagai format iklan yang tersedia di platform-nya bisa membantu para kreator meraih audiens lebih luas lagi. Seperti format iklan Video Actions Campaigns yang baru-baru ini diluncurkan. 

Pada format tersebut, iklan bisa ditampilkan di lebih banyak tempat dibanding sebelumnya. Termasuk di halaman beranda YouTube dan halaman partner video Google.

"Banyaknya format iklan yang tersedia di YouTube memungkinkan brand untuk mendorong tindakan dan memungkinkan kreator konten untuk menjangkau audiens baru yang lebih luas," kata Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing di Google Indonesia dalam keterangan resmi. 

Topik
YouTube video youtube

Berita Lainnya