Rayakan HUT ke-74, Yonif 509 BY Kostrad Gelar Baksos dan Lomba Antar Prajurit | Jember TIMES

Rayakan HUT ke-74, Yonif 509 BY Kostrad Gelar Baksos dan Lomba Antar Prajurit

Sep 15, 2021 13:07
Persiapan pertandingan sepak bola dalam rsngka peringsti HUT Yonif Raider 509 ke 74 (foto : Pasiintel for Jember TIMES)
Persiapan pertandingan sepak bola dalam rsngka peringsti HUT Yonif Raider 509 ke 74 (foto : Pasiintel for Jember TIMES)

JATIMTIMES – Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 509 Balawara Yudha (BY) Kostrad Jember merayakan Hari Jadinya yang ke-74. Berbeda dengan tahun sebelumnya, dalam peringatan hari jadinya tahun ini, Batalyon yang memiliki simbol kucing hitam ini digelar dengan kegiatan sederhana .

Di mana, dalam rangkaian kegiatan tersebut, diantaranya lomba ketangkasan prajurit, olah raga umum seperti badminton, sepak bola, dan olahraga lainnya antar prajurit TNI yang hanya diikuti oleh internal Yonif 509. Selain kegiatan tersebut, Yonif Raider 509 juga menggelar bhakti sosial untuk masyarakat umum, diantaranya khitanan massal yang diikuti oleh 30 peserta.

Baca Juga : Melihat Adegan 'Panas' Harry Styles dalam Teaser Don't Worry Darling

“Kami menyadari dalam dua tahun terakhir ini, HUT Yonif Raider tidak bisa digelar bersama dengan masyarakat umum. Jika tahun kemarin bersamaan dengan sebagian besar anggota batalyon ditugaskan di Pamtas Papua, pada tahun ini masih ‘dibalut’ dengan situasi pandemi Covid-19. Sehingga kegiatan digelar secara internal yakni lomba olah raga antar prajurit,” ujar Komandan Yonif (Dan Yon) 509 Letkol Inf Syafrinaldi, Rabu (15/9/2021).

Lomba pertandingan olah raga yang diikuti oleh internal prajurit di Yonif 509 ini, selain untuk menjaga imun tubuh tetap terjaga, kegiatan juga untuk menjaga kondisi fisik prajurit TNI tetap prima. Sehingga ketika ditugaskan sewaktu-waktu, prajurit sudah siap pakai.

“Ya sekedar lomba pertandingan sepak bola dan badminton antar prajurit serta lomba ketangkasan. Hal ini semata-mata agar imun prajurit tetap sehat, serta kondisi fisik juga tetap prima. Menjaga fisik itu penting, karena kita tidak tahu kapan negara akan memanggil. Sewaktu-waktu dibutuhkan, prajurit harus siap,” beber Syafrinaldi.

Selain menggelar lomba pertandingan olah raga antar prajurit, Syafrinaldi  juga menyatakan, bahwa pihaknya juga menggelar khitanan massal secara gratis yang diikuti secara terbatas oleh 30 peserta khitan.

“Sabtu kemarin kami juga menggelar khitanan untuk 30 anak. Karena kita tahu khitan adalah syariat dalam agama Islam. Selain itu khitan juga untuk menjaga kesehatan masyarakat di masa depan,” bebernya.

Baca Juga : Gelap dan Hujan Lebat Landa Tulungagung, Sejumlah Pohon Tumbang

Tidak hanya sekedar khitan, peserta yang terdiri dari anak-anak usia 3 hingga 12 tahun tersebut, juga mendapatkan bingkisan dari Yonif Raider 509, diantaranya baju koko, sarung, songkok, snack dan vitamin.

“Diharapkan, kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat sekitar akan pentingnya berkhitan untuk mencegah penyakit yang tidak diinginkan dikemudian hari sesuai dengan prosedur medis dan semoga kegiatan yang dilaksanakan ini mendapat rahmat dari Tuhan YME,” pungkas Syafrinaldi. 

Topik
yonif raider 509 kostrad jember hari jadi kostrad jember baksos dan olahraga

Berita Lainnya