Diknas Kabupaten Jember Apresiasi Guru Madrasah Manfaatkan Pandemi Covid dengan Karya Tulis | Jember TIMES

Diknas Kabupaten Jember Apresiasi Guru Madrasah Manfaatkan Pandemi Covid dengan Karya Tulis

Jun 14, 2021 15:20
Acara pameran buku dan lomba literasi yang digelar di hotel Bandung Permai (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Acara pameran buku dan lomba literasi yang digelar di hotel Bandung Permai (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JEMBERTIMESDinas Pendidikan (Diknas) Kabupaten Jember mengapresiasi karya tulis puluhan guru Madrasah di bawah naungan Kemenag Kabupaten Jember

Hal ini disampaikan Bambang Hariono Kadispendik Kabupaten Jember saat menghadiri acara launching Pameran Buku dan Seminar dengan tema “Menggugah Keterampilan Menulis Guru”, Senin (14/6/2021) di Hotel Bandung Permai Jember.

Baca Juga : HDDS 2021, PMI Ngawi Targetkan 200 Kantong Darah Terkumpul

“Ini bagus dan sangat memberi inspirasi, di mana saat pemberlakuan belajar sistem daring, puluhan guru madrasah masih berkarya dengan menerbitkan ratusan buku. Ini bisa menjadi contoh guru-guru yang lain,” ujar Bambang Hariono yang datang mewakili Bupati Jember Hendy Siswanto.

Hal yang sama disampaikan oleh Mohammmad Kepala Kemenag Kabupaten Jember, bahwa pagelaran pameran dan lomba literasi ini digelar untuk meningkatkan baca buku siswa dan juga dewan guru. Di mana di era gawai seperti saat ini, minat baca di masyarakat sudah mulai luntur, termasuk para guru.

“Saat ini masyarakat lebih betah membaca status facebook, IG dan WhatsApp, mulai pagi sampai malam pun mereka betah membacanya. Namun ketika disodori buku, mereka hanya kuat membaca paling lama 1 jam. Sehingga dengan adanya lomba literasi ini diharapkan bisa menggugah minat guru dan siswa untuk lebih banyak membaca,” ujar Muhammad.

Sementara dari pantauan media ini, setidaknya 54 guru madrasah telah berhasil menerbitkan 150 karya buku yang dipamerkan dalam kegiatan tersebut, di mana buku-buku tersebut tidak hanya berisi materi pelajaran saja, akan tetapi juga beberapa buku inspirasi serta lainnya.

Baca Juga : Jika Terbukti Melanggar, Wali Kota Malang Siap Cabut Izin BLK-LN PT CKS

“Alhamdulillah saya selama satu tahun ini berhasil membuat 30 buku, termasuk buku mutu pelajaran dan buku inspirasi. Ternyata selama pandemi ini, masih bisa memberi manfaat dengan menghasilkan karya yang bisa dinikmati oleh orang lain,” pungkas Bu Mai salah satu guru di Madrasah Tsanawiyah di Jember. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Dinas Pendidikan Kabupaten Jember Pameran Buku guru madrasah jember kemenag kabupaten jember

Berita Lainnya