Tahun Ajaran Baru, SD di Ajung Jember Lakukan Simulasi PTM | Jember TIMES

Tahun Ajaran Baru, SD di Ajung Jember Lakukan Simulasi PTM

Jun 12, 2021 10:20
Apel pagi siswa saat simulasi PTM di SDN Ajung 3 (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Apel pagi siswa saat simulasi PTM di SDN Ajung 3 (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES - Tahun ajaran baru pendidikan 2021 di tengah pandemi Covid-19, sejumlah sekolah di Jember mulai memberlakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM), termasuk yang dilakukan di SD Negeri Ajung 3 Kecamatan Ajung Jember yang memulai PTM pada Sabtu (12/6/2021). 

Agus Prayitno selaku kepala sekolah SD Ajung 3, kepada sejumlah wartawan mengatakan, bahwa PTM di lembaganya di mulai dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Jumlah siswa yang masuk dibatasi hanya 25 persen atau 7 siswa  per kelasnya dengan waktu belajar selama 2 jam. 

Baca Juga : Kunjungi Sekolah SPI Kota Batu, KPAI Pastikan Sekolah tidak Ditutup

"Kami memulai pembelajaran tatap muka setelah melakukan koordinasi dengan Satgas Covid-19, tatap muka ini kami lakukan karena kami merasakan banyak anak anak yang rindu dengan lingkungan sekolahnya," ujar Agus. 

Terlebih kepada siswa kelas 1 yang tahun kemarin hanya setengah tahun menjalani PTM, kemudian karena pandemi mengharuskan siswa harus belajar di rumah. "Selama setengah tahun ada beberapa guru kami yang pensiun, jadi banyak anak anak yang tidak tahu kalau gurunya sudah pensiun," beberapa Agus. 

Dalam pantauan media ini, kegiatan ini sendiri diawali apel pagi yang dihadiri oleh seluruh kepala sekolah se Kecamamatan Ajung dan jajaran Forpimka Ajung yang dipimpin langsung oleh kepala Puskesmas Ajung dr. Tunsiah. 

dr. Tunsiah, dalam kesempatan tersebut mengatakan, PTM yang dilakukan di SD Ajung 3 ini merupakan lembaga pendidikan pertama yang menjalankannya, oleh karenanya, pihak nya akan memantau dan mengevaluasi perkembangannya. 

Jika simulasi yang dilakukan hari ini berjalan sukses, maka lembaga lainnya di Ajung juga akan memperlakukan PTM. "Lembaga ini merupakan lembaga pertama di Ajung yang menjalankan pembelajaran tatap muka, dan kami dari Dinas Kesehatan dan Satgas Covid akan terus memantau dan melakukan evaluasi, tentu PTM ini harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, jangan sampai dengan adanya PTM ini menimbulkan klaster baru," beber dr. Tunsiah. 

Baca Juga : 1402 Siswa tidak Lolos Jalur Prestasi PPDB, Bisa Ikut Jalur Zonasi

Sementara Camat Ajung Slamet Wijoko, dalam kesempatan tersebut juga memberikan sosialisasi kepada siswa, bagaimana siswa harus bisa menjaga kesehatan dengan selalu menerapkan 5 M selama di sekolah, dan membiasakan adaptasi baru dengan tidak bergerombol saat saat disekolah maupun di luar sekolah. 

"Untuk menghindari siswa bergerombol selama di sekolah, dalam simulasi ini kami membatasi jam belajar siswa, yakni hanya 2 jam saja dan tanpa ada jam istirahat, sehingga siswa tidak sampai bergerombol di lingkungan sekolah, dan saya juga ingatkan kepada anak anak agar sesampai dirumah tidak banyak bermain," pungkas Camat. (*) 

Topik
Berita Jember pembelajaran tatap muka

Berita Lainnya