Olahan Nasi Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Berbahan Beras Keramat! | Jember TIMES

Olahan Nasi Unik dari Berbagai Negara, Ada yang Berbahan Beras Keramat!

May 13, 2021 18:44
Tampilan olahan nasi unik dari berbagai negara. (Foto: CBC/Site News).
Tampilan olahan nasi unik dari berbagai negara. (Foto: CBC/Site News).

INDONESIATIMES - Nasi menjadi salah satu hidangan di beberapa negara yang tak bisa terlewatkan. Bahkan sudah menjadi budaya kuliner, salah satunya di Indonesia.

Berbicara olahan nasi, Indonesia cukup memiliki hidangan nasi beragam dengan rasa yang enak dan gurih. Seperti nasi liwet, nasi kuning hingga nasi uduk.

Baca Juga : Keren! Kreasi Fashion Sulam Tangan Buatan Warga Kota Malang Ini Tembus Pasar Internasional

Nah, di beberapa negara lain, nasi tampil dengan keunikannya. Ada yang mirip dengan semangka tapi aneka warna, hingga ada yang berasal dari beras keramat lho. Apa saja?

1. Tahdig

Jika dilihat dari tampilannya, hampir mirip seperti rengginang, atau juga seperti omelet mie telur. Tapi Tahdig ini rupanya olahan nasi unik yang asalnya dari Iran.

Dikenal dengan nama Tahdig, ternyata bentuk nasi ini merupakan kerak nasi. Tapi, penggunanya hanya sebagai cemilan saja. Diambilkan dari bagian paling bawah panci nasi, yang kemudian diambil keraknya, lalu siap dinikmati.

Untuk menambah cita rasa agar lebih enak, Tahdig bisa ditambahkan dengan potongan kentang, wortel, selada bahkan buah seperti cranberries. Sehingga bagi yang memakan seakan menikmati sajian pizza versi sederhana.

Meski sederhana, kerak nasi ini cukup digemari sebagai menu makan malam di Iran. Terutama bagi anak-anak kecil di sana. Selain rasanya yang enak, tekstur renyah dan garing dari kerak nasi membuat Tahdig disebut sebagai makanan yang unik.

2. Xoi ba Mau

Dilihat dari namanya saja sudah unik ya, Xoi ba Mau, jenis olahan nasi dari negara Vietnam yang unik dengan tekstur dan beragam warna.

Tampilannya warna-warni, rupanya Xoi ba Mau ini merupakan nasi kukus cantik seperti kue yang dibuat dari beras ketan. Uniknya, meski tampilannya aneka warna mulai dari merah, kuning, hijau, biru dan lainnya, pembuatannya tidak menggunakan pewarna makanan sama sekali.

Hasil warna-warna ini didapatkan dari kacang mung atau buah gac. Tampilannya yang cantik juga dilengkapi dengan aroma yang harum.

Sepintas, penyajiannya hampir mirip buah semangka berbiji. Jenis makanan ini merupakan sajian jajanan kaki lima lho. Biasanya, untuk mengonsumsinya cukup disajikan dengan susu kental manis, atau potongan buah. Teksturnya kenyal lembut dan legit.

3. Dirty Rice

Jenis nasi ini cukup familiar bagi orang Lousiana di Amerika. Dirty Rice atau nasi kotor, mungkin sebutannya terdengar menjijikan, tapi olahan nasi unik ini sepintas mirip nasi goreng di Indonesia yang menggugah selera.

Dibalik namanya, nasi ini rupanya memiliki nilai historis yang kental pada sejarah perjuangan rakyat Afrika-Amerika di era dulu. Kala nereka masih dipekerjakan menjadi budak, dirty rice dibuat dengan aneka rempah dan bahan-bahan sederhana yang mengenyangkan.

Terdapat potongan cabe, seledri, bawang bombay, daging sapi cincang dengan sedikit bubuk cabe cayenne dan lada, membuat warna nasi menjadi gelap dan 'kotor'. Dari sana lah muncul nama dirty rice tersebut.

4. Beras Keramat

Ingin menjajal merasakan sensai makan nasi tapi dihantui suasana horor, cobalah beras keramat ini. Tapi, sejatinya nama horor ini tak seseram bentuknya.

Beras keramat ini ada di Kanada, dikenal dengan nama 'wild rice', atau beras liar. Cara pengolahannya sama seperti beras pada umumnya, dimasak hingga matang menjadi nasi.

Namun yang membuat beras keramat ini spesial, ada nilai historis bagi suku Ojibway di Kanada. Beras ini terbilang keramat atau suci dalam budaya leluhur mereka.

Baca Juga : Sensasi Panas Kudapan Bandeng 'Bangzat', Kuliner Pedas Kota Malang

Ada sejak zaman dahulu, beras ini pun terbilang langka. Namanya saja beras keramat cara memakannya pun juga berbeda. Suku Objiway biasanya menyantap nasi dari beras keramat ini dengan lauk yang manis. Seperti tambahan sirup maple hingga buah-buahan.

5. Chak Hao Kheer

Warnanya hitam, di Indonesia beras warna bitam menjadi salah satu kategori bahan makanan yang mewah. Bahkan, hal ini juga terjadi di China, dulunya beras hitam dianggap sebagai makanan mewah yang tidak bisa diakses semua orang.

Yang bisa menikmatinya, hanyalah bangsawan atau orang kaya. Namun, sekarang telah berbeda. Penyebaran beras hitam bahkan cukup populer hingga ke Manipur, India.

Nah, di negara India inilah orang-orang di sana suka mengolah beras hitam menjadi Chak Hao Kheer. Bentuknya, sejenis puding nasi hitam, dengan warna ungu pekat alami.

Untuk menambah rasa nikmat, Chak Hao Kheer dimakan dengan menambahkan beberapa sendok madu, atau dimasak dengan kacang-kacangan. Selain legit dan manis, kandungan nutrisi dari makanan ini juga sehat untuk jantung lho.

Topik
makanan olahan beras beras keramat Beras

Berita Lainnya