Dear Calon Mahasiswa Pemegang KIP, Kapolres Jember Beri Layanan Rapid Test Gratis untuk Syarat UTBK-SBMPTN | Jember TIMES

Dear Calon Mahasiswa Pemegang KIP, Kapolres Jember Beri Layanan Rapid Test Gratis untuk Syarat UTBK-SBMPTN

Apr 03, 2021 07:42
Kapolres Jember AKBP. Arif Rachman Arifin SIK. MH (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Kapolres Jember AKBP. Arif Rachman Arifin SIK. MH (foto : istimewa / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES - Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, SIK., MH. menginisiasi pemberian fasilitas rapid test antigen secara gratis bagi pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebagai persyaratan UTBK-SBMPTN, yang akan diselenggarakan serentak di Indonesia mendatang.

Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, SIK., MH. mengatakan, pendidikan adalah faktor penting bagi ikhtiar meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan kulaitas bangsa. Pendidikan juga kunci bagi usaha memutus mata rantai kemiskinan. Karena itu, tidak boleh ada yang gagal mengikuti UTBK hanya gegara kesulitan biaya rapid test. 

Baca Juga : Meski Sudah Pensiunan PNS, Mantan Tenaga Administrasi SMKN 3 ini Semangat Ikuti Ujian Kejar Paket C

Arif menyatakan akan segera membentuk panitia khusus untuk mengakomodasi persoalan itu. “Pendek kata, tidak boleh ada satupun warga  Jember yang kesulitan memenuhi syarat masuk ke area UTBK tahun ini”, tandasnya. 

“Kami sebagai bagian dari Gugus Tugas Covid 19 berupaya keras memenuhi harapan warga, ikhitar ini sangat penting karena selain menjadi bagian dari usaha menekan tingkat penyebaran Covid 19, juga sebagai wujud sumbangsih peningkatan taraf hidup warga melalui pendidikan”, pungkasnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan rapid test gratis akan dilaksanakan pada tanggal 11-15 April 2021, pukul 08.00-13.00 WIB di Aula Bhayangkara Patrang Jember.

Inisiasi ini mendapatkan apresiasi dari Didik Suharijadi, Panitia JemberSAE 2021 yang juga Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember. Menurut Didik kebijakan Kapolres dengan memberikan rapid test antigen secara gratis bagi pemegang KIP-Kuliah, menunjukkan kepekaan Kapolres terhadap persoalan riil yang dihadapi calon Mahasiswa.

“Ini kebijakan yang sangat humanis. Seorang Kapolres memiliki kepekaan terhadap persoalan riil yang dihadapi oleh calon mahasiswa yang tingkat ekonominya kurang mampu, mungkin ini Polres pertama di Indonesia,” kata Didik.

Baca Juga : RS Jantung di Kabupaten Malang Dibiayai dari Hasil Tembakau

Didik menambahkan, untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN pada tahun 2020 yang lalu, Pemerintah pusat, Provinsi hingga Kabupaten memberikan fasilitas gratis bagi seluruh peserta UTBK-SBMPTN. Namun pada tahun ini belum ada kebijakan bagi para peserta UTBK SBMPTN tersebut.

“Banyak keluhan peserta yang kami tampung di Help Desk JemberSEA, yang kemudian kami sampaikan pada Kapolres Jember. pada akhirnya kapolres mengambil langgkah untuk memberikan fasilitas gratis bagi peserta UTBK SBMPTN pemengang KIP Kuliah tersebut,” jelasnya.

Topik
Kapolres Jember arif rachman arifin calon mahsiswa UTBK SBMPTN Rapid Test Berita Jatim atigen

Berita Lainnya