Banjir Mulai Surut, PMI Jember Kuras Sumur Warga | Jember TIMES

Banjir Mulai Surut, PMI Jember Kuras Sumur Warga

Jan 16, 2021 19:10
Relawan PMI Kabupaten Jember saat melakukan pengurasan sumur warga yang kotor akibat banjir beberapa waktu yang lalu (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Relawan PMI Kabupaten Jember saat melakukan pengurasan sumur warga yang kotor akibat banjir beberapa waktu yang lalu (foto : istimewa / Jatim TIMES)

JEMBERTIMES - Unit Tanggap Darurat Bencana (TDB) PMI Kabupaten Jember menguras sumur-sumur warga yang kotor bercampur lumpur akibat terendam banjir, Sabtu (16/1/2021). Pengurasan sumur dilakukan oleh Tim Wash PMI Kabupaten Jember di wilayah Dusun Kraton, Desa Wonosari, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember.

Selain menguras sumur, Unit TDB PMI juga membagikan nasi bungkus kepada warga terdampak banjir. “Tim Wash PMI Kabupaten Jember melakukan pembersihan rumah-rumah warga yang banyak terselimuti lumpur. Yang utama, Tim Wash melakukan pembersihan sumur-sumur milik warga yang dipenuhi lumpur dan air,” kata Ketua PMI Kabupaten Jember H EA Zaenal Marzuki SH MH.  

Baca Juga : Sederet Bencana Awal 2021, Sriwijaya Air hingga Gempa yang Memakan Korban Jiwa 

 

Menurut Zaenal, sumur jadi prioritas pembersihan tim Wash PMI Kabupaten Jember, dikarenakan beberapa warga mulai kembali ke rumah masing-masing dan membutuhkan air bersih untuk masak, bersih-bersih dan kebutuhan lainnya.  

Banjir di kawasan ini bisa disebut sebagai banjir kiriman. Hal itu dikarenakan kawasan tersebut, merupakan kawasan hilir daerah aliran sungai Mayang dan Gladak Putih yang kemudian melintasi Desa Wonoasri. Sungai di Dusun Kraton diperparah karena mendapatkan kiriman dari Sungai Gladak Putih yang berada di kawasan Curahnongko, Tempurejo.

Air sungai itu meluber ke jalanan dan permukiman warga. Genangan air meluap mencapai 1 meter sehingga warga tidak dapat beraktivitas seperti biasanya. Kegiatan memasak dan mencuci tidak bisa dilakukan karena sumur warga juga terendam banjir. 

Hasil assesment relawan PMI Jember terdapat 814 KK yang tersebar di RW 1, 2 dan 3 dusun Kraton Desa Wonoasri Kecamatan Tempurejo yang terdampak banjir terparah, namun pada hari kedua Genangan menjelang sore air mulai surut.

Berdasarkan situasi tersebut, Posko TDB PMI Kabupaten Jember menerjunkan tim Wash yang terdiri dari 11 personel dengan peralatan lengkap untuk mensterilkan sumur-sumur warga yang terendam agar dapat digunakan memasak maupun keperluan lainnya. 

Baca Juga : GPK Jombang Beri Bantuan Warga Korban Banjir 

 

“Hari ini, tim wash menyisir sumur warga yang berada di wilayah RT 6 RW 3 Dusun Kraton untuk disterilkan dengan dikuras kemudian setelah bersih sumur tersebut diberi tawas,” imbuhnya.

PMI Jember menurunkan dua alat sedot air dan dua Armada, untuk menguras sumur hingga bersih membutuhkan waktu 30 hingga 60 menit. Namun kegiatan sterilisasi sumur kemarin terkendala hujan sehingga kegiatan pengurasan dilanjutkan hari ini. (*)

Topik
Berita Jember Banjir jember PMI Jember

Berita Lainnya