Demo mahasiswa di Istana Negara. (Foto: IG jakartabersuara)
Demo mahasiswa di Istana Negara. (Foto: IG jakartabersuara)

Kamis hari ini (8/10/2020) ribuan mahasiswa dikabarkan hendak melakukan demo di Istana Negara.   Aksi demo tersebut dilakukan untuk menyuarakan penolakan UU Cipta Kerja. 

Para mahasiswa rupanya tergerak untuk ikut memperjuangkan hak-hak para buruh dalam UU Cipta Kerja. Setidaknya ada lebih dari 5.000 mahasiswa dari 300 kampus di seluruh Indonesia yang akan ikut aksi demo tersebut.

Baca Juga : Banyak Ikan Minggir, Nelayan Pantai Sine Tulungagung Panik dan Berhamburan Mengungsi

Beberapa video persiapan mahasiswa hendak melakukan aksi demo ke Istana Negara pun beredar di media sosial.  Video-video itu diunggah oleh akun @jakartabersuara pada Kamis (8/10/2020).  

Salah satu persiapan demo dilakukan oleh mahasiswa Universitas Nasional Jakarta.  "Situasi terkini masa dari mahasiswa universitas Nasional berjalan menuju istana negara," tulisnya.  

Dalam video itu tampak para mahasiswa yang mengenakan seragam almamater berwarna hijau. Mereka berkumpul bersiap berangkat menuju istana dengan mengendarai beberapa bus.  

Selain itu, persiapan demo juga dilakukan Universitas Budi Luhur.  Mereka tampak berkumpul mengendarai sepeda motor dengan mengenakan almamater berwarna navy.  

Tampak juga beberapa aparat yang sudah menjaga di lokasi Jalan  Ciledug Raya, Petukangan Utara, Pesanggrahan Jakarta Selatan. "Sejumlah mahasiswa berkumpul di depan Universitas Budi Luhur Jalan Ciledug Raya, Petukangan Utara, Pesanggrahan Jakarta Selatan, Kamis, (08/10/2020) siang ini.
Terpantau sudah ada aparat yang berjaga di lokasi. Sementara arus lalu lintas terpantau ramai lancar," tulis keteangan dalam video itu.

Baca Juga : Beredar di Medsos, Ini Isi Telegram Kapolri soal Larangan Demo Buruh

Selanjutnya para mahasiswa Universitas Pamulang juga tampak berkumpul untuk menuju Istana Negara. Mereka juga melakukan demo dengan memakai almamater kebanggaan kampus berwarna biru. 

Menariknya, melalui caption unggahan tersebut, dikatakan terdapat pelajar SMK yang ikut bergabung dengan para mahasiswa tersebut. "Situasi terkini di Universitas Pamulang, Puluhan pelajar STM turut bergabung bersama para mahasiswa yang akan berangkat menuju Istana Negara, Kamis (8/10/2020)," tulis keterangan tersebut.