Pabrik Aqua terendam banjir (Foto: Twitter @luxyriz)
Pabrik Aqua terendam banjir (Foto: Twitter @luxyriz)

Banjir bandang datang menyerang Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Senin (21/9/2020). Dalam peristiwa banjir itu, pabrik PT Aqua Golden Mississipi yang beredar di Jalan Siliwangi, Desa Mekarsari ikut terendam.  

Bahkan peristiwa ini membuat tagar #Aqua menjadi trending di Twitter hingga lebih dari 32 ribu cuitan. Terendamnya pabrik Aqua itu disebabkan karena tembok panel yang tidak bisa menahan derasnya terjangan arus banjir dan mengakibatkan jebol. Hingga akhirnya air masuk dan merendam sebagian ruangan di perusahaan Aqua itu.  

Baca Juga : Pekan Ketiga September, Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Malang Ada 875 Kasus

 

Disampaikan oleh ketua Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) Kabupaten Sukabumi Okih Fajri, banjir di pabrik Aqua itu merupakan dampak dari Sungai Cibuntu. Pasalnya, lokasi pabrik berada di depan dan tak jauh dari aliran sungai itu.  

Foto-foto kondisi banjir di pabrik Aqua pun beredar di media sosial dan menjadi viral. Diperkirakan air yang merendam pabrik Aqua itu mencapai ketinggian 30 cm.  

"Belum diketahui kondisi terkini pasca banjir bandang yang merendam sebagian pabrik Aqua tersebut. Namun kejadian ini merupakan rentetan bencana banjir bandang di Kecamatan Cicurug," kata Fajri.

Akibatnya, pabrik Aqua harus berhenti sementara untuk produksi akibat banjir bandang ini. Di sisi lain, peristiwa ini juga disampaikan oleh VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh melalui keterangan resmi.

Vera memastikan jika semua mesin yang ada di pabrik telah dimatikan dan sesuai dengan protokol kesehatan dalam situasi darurat. "Pada 21 September 2020, Senin malam ini telah terjadi banjir lokal di sekitar pabrik PT Aqua Golden Mississippi, Mekarsari, Sukabumi," kata Vera.

"Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Saat ini seluruh karyawan dalam kondisi aman," lanjutnya.

Salah satu unggahan video oleh akun Twitter @luxyriz tampak kondisi pabrik yang tergenang air banjir. Terlihat pula beberapa botol yang ikut terseret banjir.

Baca Juga : Ke Malang, Gubernur Jatim Gowes Bareng dan Bagi Masker ke Warga

 

Bahkan, akun tersebut menilai jika video itu merupakan kolaborasi Aqua dan kopi lantaran airnya berwarna cokelat.

"Kolaborasi terbaik tahun ini aqua x janji jiwa," tulis cuitan akun tersebut.