Petugas melakukan pemeriksanaan ke pengendara yang melintas di Kawasan Pasar Tanjung (Foto: Edy W)
Petugas melakukan pemeriksanaan ke pengendara yang melintas di Kawasan Pasar Tanjung (Foto: Edy W)

Satgas Covid-19 Kabupaten Jember yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan BPBD melakukan operasi yustisi dalam rangka penindakan penggunaan masker. Hal ini sebagai tindak lanjut Perbup Nomor 47 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Satgas Covid-19 menyasar kawasan persimpangan jalan di pasar tradisional Pasar Tanjung sebagai target penerapan disiplin prokes. Dalam operasi yang digelar selama dua jam sejak pukul 12.00 WIB itu tercatat, 107 orang pelanggar terpergok tidak memakai masker di tempat umum dan diberlakukan sidang di tempat.

Baca Juga : Salah Satu Paslon Positif Covid-19, KPU Trenggalek Tunda Tes Kesehatan

Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono selaku pimpinan operasi mengatakan, para pelanggar disiplin diberi hukuman yang beragam sampai dikenakan denda.

"Teguran tertulis, sanksi sosial juga. Berupa menyapu area Pasar Tanjung, dan pembayaran biaya perkara yang dibebankan kepada pelanggar sebesar Rp 1.000," tuturnya usai kegiatan, Senin (14/9/2020).

Kapolres menyebut, untuk mengendalikan dan menekan penyebaran Covid-19 di Jember, rencananya operasi serupa bakal intensif dilakukan di titik-titik potensial berkumpulnya warga atau di tempat keramaian.

Baca Juga : Rayakan HUT ke-42, FKPPI Probolinggo Bagi-Bagi Sembako dan Ribuan Masker

Dari rilis resmi satgas Covid-19 Kabupaten Jember tercatat, sebanyak 671 kasus terkonfirmasi positif, 558 pasien dinyatakan sembuh, sementara 65 pasien dalam perawatan, dan 48 orang meninggal.