Bupati Jember dan lintas OPD mengadakan rapat evaluasi bersama KemenPAN-RB
Bupati Jember dan lintas OPD mengadakan rapat evaluasi bersama KemenPAN-RB

Usai menggelar rapat daring evaluasi tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang dipimpin Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Bupati Jember Faida menargetkan nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan Kabupaten Jember pada tahun ini meningkat menjadi BB dari sebelumnya, B.

Dalam rapat evaluasi yang juga diikuti oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu, Faida menyebut sebenarnya nilai pemerintahan di Jember setiap tahun sudah naik. Maka untuk tahun ini diharapkan juga ada kenaikan. 

Baca Juga : Wali Kota Kediri Paparkan Strategi Peningkatan SAKIP Menuju A

"Sesuai target, kenaikannya minimal BB," ucap Faida di Pendopo Wahyawibawagraha.

Adanya evaluasi SAKIP, menurut Faida, diperlukan supaya bisa mengalokasikan anggaran untuk kegiatan-kegiatan yang menaikkan indikator kinerja di lintas OPD. 

Beberapa anggaran yang sudah melampaui target atau melebihi dari yang diperlukan bisa dialihkan ke kegiatan lain. Contohnya, seperti indeks kualitas di lingkungan hidup pada di tahun 2019 ditargetkan sebesar 67,86 persen terealisasikan sebesar 70,42 persen dengan capaian nilai akuntabilitas kinerja mencapai 103,77 persen.

Kepada jajaran OPD, Faida menegaskan keseriusannya untuk memperbaiki kinerja pemerintahan ke depannya. Untuk itu, ia meminta jajaran OPD juga sejalan dan serius melakukan evaluasi perbaikan-perbaikan di lingkungan Pemkab Jember.

Baca Juga : Persentase Warga Tak Pakai Masker Tinggi, Forkompimda Kota Malang Turun ke Jalan

"OPD yang hadir diharapkan merespons dengan sebaik-baiknya paparan yang diberikan agar kinerja pemerintahan selanjutnya lebih baik," pungkasnya.