Plt. Kepala DInas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Jember (foto : dok / Jatim TIMES)
Plt. Kepala DInas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab Jember (foto : dok / Jatim TIMES)

Musyawarah Antar Desa (MAD) di 26 kecamatan di Kabupaten Jember, sedianya baru digelar pada Oktober mendatang. Namun menjelang pesta demokrasi pemilihan bupati (Pilbup), kegiatan tersebut dipercepat pada September ini. 

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember menyebut bahwa kebijakan percepatan MAD ini selain sesuai permintaan dari Badak Kerjasama Antar Desa (BKAD), juga terkait momen Pilkada.

Baca Juga : Dinas Pertanian Pemkab Blitar Dorong Petani Tembakau Handal Kuasai Pemasaran

“BKAD sudah diatur dalam Perbup nomor 20 tahun 2015, fungsinya untuk mengatur dan mengelola dana eks PNPM yang sudah dibubarkan pada tahun 2015. Saat ini program tersebut diganti menjadi Program Daerah Pemberdayaan Masyarakat atau PDPM,” ujar Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispemasdes) Pemkab Jember Drs. Edi B Susilo.

Edi menjelaskan, bahwa memang sejak awal pembentukan BKAD dilakukan melalui Musyawarah Desa dan Peraturan Desa pada bulan Oktober. Sementara untuk tahun ini, setelah melakukan MAD Evaluasi pada pertengahan Agustus lalu, disepakati untuk segera digelar MAD Khusus pada September.

“Pada saat MAD Evaluasi pada pertengahan Agustus lalu, seluruh BKAD menyepakati untuk menggelar MAD Khusus, yakni restrukturisasi pada bulan September," terangnya. 

Edi menyebut, MAD ini difasilitasi oleh camat dari 26 kecamatan di Kabupaten Jember. "Kenapa digelar pada bulan September, dikarenakan pada bulan Oktober akan banyak agenda yang dilakukan oleh camat, terlebih menjelang Pilkada. Selain itu, kalau MAD digelar mendekati Pilkada, banyak orang yang akan menilai MAD bermuatan politis,” beber Edi.

Baca Juga : Tahapan Pilkada Berjalan, Wali Kota Blitar Lantik 191 Pejabat Fungsional Baru, Ini Kata BKD

Sampai sejauh ini, dari 26 kecamatan yang menggelar MAD, baru 6 kecamatan yang sudah melaksanakan. Di antaranya Kecamatan Rambipuji dan Semboro yang digelar pada Senin tanggal 7 dan Kecamatan Gumukmas, Kencong, Jombang dan Umbulsari yang digelar hari ini Rabu (9/9/2020).