Bupati Faida menyerahkan sertifikat Toko Tangguh kepada Adi Susanto
Bupati Faida menyerahkan sertifikat Toko Tangguh kepada Adi Susanto

Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jember memberikan Sertifikat Toko Tangguh kepada toko Jadi Fashion. Pasalnya, Satgas Covid-19 menilai Jadi Fashion turut serta memerangi penyebaran virus sejak awal pandemi secara konsisten.

Ketua tim gugus tugas sekaligus Bupati Jember Faida, mengatakan, Jadi Fashion merupakan toko atau mall pertama di Jember yang mendapatkan sertifikat. Setelah tim melakukan pemantauan ke beberapa toko dan mall dalam menjalankan protokol Covid-19 . 

Baca Juga : Pemkab Jombang Rencanakan Pilkades Akhir Tahun 2020

"Terimakasih kepada Jadi Fashion yang telah menjaga tokonya untuk tetap beroperasi dan menjaga roda perekonomian tetap berputar, dengan mengutamakan keselamatan dan patuh protokol kesehatan pencegahan Covid-19," ujarnya.

Faida menegaskan, sesuai Inpres Nomor 6 tahun 2020 kini gugus tugas memiliki kewenangan memberikan teguran bila protokol kesehatan tidak dipatuhi. Bahkan sanksi bisa dijatuhkan jika melanggar berulangkali. 

"Jika sampai tiga kali teguran, gugus tugas akan memberikan sanksi. Sementara akan di off-kan selama satu minggu untuk mendapatkan pengarahan," tegasnya.

Di sela penyerahan sertifikat itu, Faida mengajak semua karyawan dan pengunjung toko Jadi Fashion untuk saling menjaga, tidak sendiri-sendiri, karena keselamatan bisa terwujud dengan sama-sama menjaga protokol kesehatan. "Tidak bisa selamat sendiri-sendiri maka perlu menjaga bersama-sama," ujarnya.

Sementara itu, pemilik Jadi Fashion, Adi Susanto menyebut, manajemen sejak awal tidak menutup toko. Setelah dikabarkan pandemi sudah masuk Indonesia, pihaknya telah siaga mempersiapkan segala sesuatu supaya wabah tidak menyebar khususnya kepada karyawan namun toko tetap bisa beroperasi.

Adi memberikan edukasi sedini mungkin kepada karyawan. Ia juga kerap memberikan motivasi dan mengingatkan untuk menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Konsistensi toko Jadi Fashion dalam menerapkan protokol kesehata, lanjutnya, ditunjukan dengan rutin melakukan rapid test setiap dua minggu sekali secara acak dan sebagian bergilir. 

Baca Juga : Malaysia Tambah 9 Negara yang Dilarang Masuk Wilayahnya, Arab Saudi hingga Amerika

"Jadi ini sudah tahap kelima (rapid test). Sampai hari belum ada, dan jangan sampai ada yang terpapar," ucapnya.

Adi Susanto mengaku terharu, upayanya dalam memutus mata rantai Covid-19 dan tetap menggenjot geliat perekonomian warga diganjar penghargaan. "Ini luar biasa, saya terharu ibu bupati sendiri yang menyerahkan sertifikat," tuturnya.

Salah satu pengunjung toko menyatakan, penerapan protokol kesehatan di Jadi Fashion cukup baik. Selain ada tempat mencuci tangan dan sabun, juga ada pemeriksaan masker dan cek suhu tubuh dengan thermogun.