Plt. Kepala BKD Bondowoso Wawan Setiawan (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)
Plt. Kepala BKD Bondowoso Wawan Setiawan (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

Pelantikan Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Bondowoso yang dijadwalkan Kamis (3/9/2020), hingga berita ini turun tak kunjung terlaksana. Hal itu menjadi tanda tanya besar dengan tak terlaksananya pelantikan Pj Sekda Bondowoso itu.

Hal itu pula yang membuat Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Wawan Setiawan, angkat bicara. Wawan menyebut, jika SK Gubernur terkait pengangkatan PJ Sekda  itu tidak memenuhi syarat formil. 

Baca Juga : Kartu Tani Gratis, Bupati Jember Minta Petani Tak Ragu Mendaftar

Tjahjo Widodo yang rencananya akan diangkat tidak memenuhi syarat formil sebagaimana dalam Perpres Nomor 3 tahun 2018 tentang Penjabat Sekretaris Daerah.

"Salah satu syaratnya adalah tentang usia. Jadi yang bisa diangkat menjadi Pj Sekda itu paling maksimal itu batas usia pensiun (BUP) 1 tahun. Sementara yang akan dilantik itu kelahiran 1961 kemudian bulan Februari," ucapnya saat dikonfirmasi awak media, Kamis (3/9/2020) malam.

Wawan mengaku telah berkonsultasi kembali pada pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Hasilnya masih menunggu lebih lanjut dari Pemerintah Provinsi.

"Tadi sudah disampaikan ke Provinsi mengenai hal ini. Nanti kita menunggu lebih lanjut dari Provinsi," ujarnya singkat.

Diberitakan sebelumnya, Bupati Salwa Arifin menyatakan, bahwa Kepala Bakorwil Jember R. Tjahjo Widodo bakal dilantik sebagai Pj Sekda Bondowoso. Untuk pelantikannya akan dilangsungkan Kamis (3/9/2020) di Pendapa Bupati.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Masih Masif, Pembelajaran Tatap Muka di Kabupaten Malang Gagal Terealisasi

“Iya Tjahjono (Pj Sekda). Insya Allah besok siang,” ucap Salwa usai acara pisah sambut Kepala Pengadilan Agama di rumah makan Lestari, Rabu (3/9/2020) kemarin.