Van de Beek saat masih membela Ajax Amsterdam (Instagram van de Beek)
Van de Beek saat masih membela Ajax Amsterdam (Instagram van de Beek)

Donny van de Beek baru saja ditebus Manchester United 45 juta Euro dari Ajax Amsterdam untuk bermain di Old Trafford musim depan. Hal itu juga merupakan sebuah lanjutan tradisi deretan pemain Belanda yang pernah berseragam Setan Merah. Hal ini disebut tradisi tim Manchester United, meski pelatih kerap berganti di setiap musimnya. Ya, sebab pemain asal Belanda memiliki ciri khas permainan Total Football yang cocok bagi Liga Inggris.

Sebelum van de Beek, nama-nama lainnya, mulai dari Jaap Stam, Ruud Van Nistelrooy, Van Persie, Memphis Depay, Edwin Van Der Sar, Daley Blind, Alexander Buttner hingga terakhir Timothy Fosu-Mensah, pernah merasakan mengenakan jersey Setan Merah.

Baca Juga : Septian Satria Bagaskara Buru Gol Perdananya di Kompetisi Liga 1

Jika dilihat dari posisinya sebagai gelandang, van de Beek bisa disejajarkan dengan Jordi Cruyff atau anak dari legenda sepak bola Belanda Johan Cruyff yang bergabung kisaran tahun 1966 hingga 1999. Lalu juga ada Arnold Muhren yang menjadi pemain Belanda pertama Manchester United di era tahun 1982 hingga 1985.

Pemain berusia 23 tahun itu berhasil dikontrak tim asuhan Ole Gunnar Solskjaer selama lima tahun. saat ini van de Beek adalah rekrutan pertama Manchester United pada bursa transfer musim panas ini.

Dilihat dari pemain Belanda lainnya, van de Beek akan menjadi lawan dari Hakim Ziyech yang lebih dulu teken kontrak dengan Chelsea. Padahal sebelumnya, dua pemain tersebut merupakan kompatriot di tim Eredivisie Ajax Amsterdam.

Patut ditunggu bagaimana aksi kedua pemain tersebut di Liga Inggris musim 2020/2021, sebab Chelsea sendiri saat ini sudah mendatangkan enam pemain baru. Sementara Manchester United baru satu mendatangkan pemain baru.