Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief di sela-sela penyerahan Kartu Tani di Kecamatan Puger.
Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief di sela-sela penyerahan Kartu Tani di Kecamatan Puger.

Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief menyebut, kebijakan Pemkab Jember menghadirkan Kartu Tani di tengah sulitnya ketersediaan pupuk bersubsidi sangat membantu.

Pengadaan puluhan ribu Kartu Tani itu diyakini bisa memperlancar pendistribusian pupuk bersubsidi di Kabupaten Jember. "Melalui Kartu Tani, Pemkab Jember berharap ada perubahan yang lebih baik," ujarnya, saat membagikan Kartu Tani di Kecamatan Puger.

Baca Juga : 10 Menit Pelayanan Dispendukcapil Pemkab Blitar Break, Berjemur dan Senam Cegah Covid-19

Abdul Muqit menyoroti kelangkaan pupuk bersubsidi akibat praktik tidak terpuji oknum-oknum terhadap pendistribusian pupuk bersubsidi yang akibatnya menyengsarakan para petani. "Para oknum itu membeli pupuk sekian ratus ton, lalu mengambil keuntungan dengan menjual pupuk tersebut kepada orang lain. Alhasil, petani tidak mendapatkan jatah pupuk," ungkapnya.

Dengan adanya Kartu Tani, Abdul Muqit berpesan agar petani bisa memanfaatkan 'kartu sakti' tersebut sebaik-baiknya. Selain untuk membeli pupuk bersubsidi, Kartu Tani juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kredit usaha rakyat atau KUR. "Jika sudah membeli pupuk bersubsidi, gunakan pupuknya dengan baik jangan sampai diperjualbelikan," tandasnya.

Abdul Muqit mengimbau agar para petani yang belum mendapatkan Kartu Tani segera mendaftarkan diri melalui kecamatan, kelompok tani, atau gabungan kelompok tani (gapoktan). "Dengan begitu, semua petani bisa memilik Kartu Tani dan menikmati manfaatnya sama-sama," ujarnya.

Masih di Kecamatan Puger, di tempat terpisah Bupati Faida juga mendistribusikan Kartu Tani kepada ribuan petani.  Rinciannya di Desa Puger Wetan sebanyak 114 kartu, Desa Puger Kulon 117 kartu, Desa Mojosari 225 kartu, Desa Mojomulyo 335 kartu, Desa Bagon 22 kartu, dan Desa Wringin Telu sebanyak 164 kartu.

Baca Juga : Hadiri Petik Laut, Bupati Jember Ingatkan Disiplin Protokol Kesehatan

Di tengah-tengah penyaluran, Faida menghimbau para petani tidak ragu untuk segera mengurus Kartu Tani supaya hak-hak petani untuk mendapatkan fasilitas pertanian bisa ter-cover. "Segera diurus jangan ragu, semua petani harus memilikinya. Tidak usah bayar, Kartu Tani ini gratis," ucapnya.