Bupati Jember dr. Faida MMR saat memberikan sambutan pada acara petik laut Puger (foto : Ulum Pitek / Jatim TIMES)
Bupati Jember dr. Faida MMR saat memberikan sambutan pada acara petik laut Puger (foto : Ulum Pitek / Jatim TIMES)

Acara petik laut yang digelar dua desa yakni Desa Puger Wetan dan Desa Puger Kulon di Pantai Puger pada Rabu (2/9/2020) dihadiri oleh Bupati Jember dr. Faida MMR dan Jajaran Forkopimda, Muspika Puger dan ribuan masyarakat dari berbagai desa.

Faida mengatakan bahwa petik laut yang digelar pada tahun ini, memang terlihat paling sederhana, hal ini tidak lepas dari situasi pandemi covid-19 yang masih belum berakhir.

Baca Juga : Serahkan Kartu Tani, Wabup Jember Ungkap Soal Pengurangan Kuota Pupuk Bersubsidi

Namun meski demikian, Bupati mengapresiasi kesigapan panitia yang dibantu oleh PKK dan Pemkab Jember dalam menyediakan ribuan masker kepada pengunjung petik laut. “Tadi memang ada saya lihat beberapa pengunjung yang tidak memakai masker, tapi oleh panitia juga sudah diberi masker, malah saya melihat ada anak-anak yang sadar diri dengan memakai masker, mereka kita beri hadiah juga,” ujar Faida.

Meski acara petik laut kali ini digelar secara sederhana, namun nilai kesakralan dalam wujud rasa syukur sangat terlihat jelas di wajah-wajah nelayan yang mengikuti acara tersebut, Bupatipun mendoakan, agar tangkapan ikan nelayan Puger tahun ini lebih baik.

“Meski acara syukuran petik laut ini sangat sederhana, itu tidak masalah, yang penting adalah doa kita semua, mudah-mudahan nelayan Jember, khususnya yang ada di Puger ini, selalu diberi keselamatan dalam bekerja, dan mendapatkan hasil yang melimpah,” ujar Bupati dengan dijawab Amin oleh para nelayan.

Selain itu, tidak ketinggalan Bupati juga mensosialisasikan Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang Disiplin Kesehatan kepada para nelayan, mengingat saat ini Indonesia dan Jember khususnya masih belum terbebas dari wabah tersebut.

Baca Juga : Kota Madiun Berlakukan Jam Malam, Pelajar Kena Razia akan Dikirim ke Tempat Isolasi

“Juga kepada nelayan dan masyarakat, di manapun beraktivitas, saat keluar rumah, usahakan selalu memakai masker, dan menjaga jarak, serta selalu rutin mencuci tangan, hal ini sebagai ikhtiar kita dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19,” pungkas Bupati. (*)