Wakil Bupati Jember Drs KH A. Muqit Arief saat menunjukkan Buku Panduan Sholawat dan Doa Anak Jember. (foto : istimewa / Jatim TIMES)
Wakil Bupati Jember Drs KH A. Muqit Arief saat menunjukkan Buku Panduan Sholawat dan Doa Anak Jember. (foto : istimewa / Jatim TIMES)

Pemkab Jember akhirnya berhasil menerbitkan Buku Panduan Sholawat dan Doa Anak Jember. Terbitnya buku yang berisi salawat dan doa dari berbagai agama ini diharapkan bisa membentuk karakter anak dengan pendekatan keagamaan.

“Doa-doa di dalamnya, bagian dari membentuk karakter anak yang baik. Menjadi anak yang religius dan diimplementasikan di dalam kehidupan,” tutur Wakil Bupai Jember Drs KH A Muqit Arief kepada wartawan.

Baca Juga : Simulasi Pembelajaran Tatap Muka SMK/SMA Banyuwangi Dihentikan

Selain itu, program buku salawat dan doa anak Jember diharapkan bisa dilaksanakan di sekolah-sekolah secara masif dan perlu mendapat dukungan semua pihak. “Orang tua, masyarakat, sekolah, begitu juga dukungan media, bisa menyosialisasikan buku ini,” kata wabup.

Wabup menambahkan, dengan adanya buku panduan ini, ketika si anak membaca salawat, maka akan menimbulkan kesadaran sehingga dapat memahami dan merasakan manfaatnya. Sehingga anak-anak dapat menjadi pribadi dengan karakter yang baik.

“Anak-anak harus paham apa makna dari bacaan dan bisa mengimplementasikan dalam perilaku sehari-hari. Doa diharapkan menjadi tradisi dan diterapkan sebelum dimulai pembelajaran,” ungkapnya.

Melalui doa dan salawat itu, wabup berharap anak-anak Jember seperti ikan yang mampu hidup di tengah banjir. “Menjadi ikan yang berkarakter kuat, bisa hidup di tengah banjir, dan bisa menyelamatkan diri. Jika tidak memiliki karakter, maka akan terbawa arus yang tidak sesuai dengan budaya bangsa,” tutupnya.