WhatsApp (Foto:  The Verge)
WhatsApp (Foto: The Verge)

Aplikasi chatting WhatsApp (WA) kembali mempersiapkan fitur terbarunya. Fitur baru ini diklaim membuat pengguna dipermudah jika ingin menghemat storage atau ruang penyimpanan di smartphone.  

Dilansir melalui WABetaInfo, kemampuan itu saat ini sedang dalam pengembangan dan nanti akan segera tersedia di WhatsApp Android maupun iOS. Lantas bagaimana cara penggunaannya?  

Baca Juga : Instagram hingga YouTube Live Terancam Dilarang di Indonesia jika Gugatan RCTI Dikabulkan

Dari bocoran WABetaInfo, tampilan fitur tersebut nantinya akan ditampilkan semacam bar storage. Di mana User akan langsung bisa mengetahui seberapa banyak ruang penyimpanan oleh WhataApp Media seperti foto, video dan lain sebagainya. Di bagian kedua, akan terpampang saran dari WhatsApp untuk menghapus file yang dianggap tidak penting.  

WABetaInfo
Bocoran fitur baru WA (Foto: WABetaInfo

Hal itu berguna untuk mengemat storage. Selanjutnya terpampang pula deretan file ukuran besar yang bisa langsung dihapus.  

"Bagian kedua akan membantu kita untuk melakukan review semua file yang dibagikan, dalam rangka menghapus yang tidak penting. Sehingga dapat melonggarkan penyimpanan ponsel. Di situ kita dapat melihat file besar dan yang forwarded," tulis pada WAbetainfo.

"Adapun pada bagian terakhir mengandung daftar chat kita seperti biasa, yang memungkinkan untuk mencari chat spesifik," tambahnya.  

Sebagai informasi saat ini WhatsApp diketahui masih intensif dalam mengembangkan fitur-fitur baru. Kemungkinan juga bahwa WhatsApp masih akan menambah fitur-fitur yang lebih menarik penggunanya.