Novel Baswedan (Foto:  Sinar Harapan)
Novel Baswedan (Foto: Sinar Harapan)

Penyidik senior KPK Novel Baswedan dinyatakan positif terpapar penyakit Covid-19. Namun, Novel mengaku jika ia tak mengalami gejala apapun.  

Kendati demikian, Novel mengatakan jika dirinya sempat demam dan batuk-batuk tiga pekan lalu.  

Baca Juga : Lagi, Pasien Covid-19 Bertambah 8 Orang di Kabupaten Malang

"3 pekan lalu saya demam dan kemudian saya ada menyertai demam itu batuk, biasanya kalau saya batuk itu sebulan, dan ketika swab kemarin masih ada batuk sedikit, masih ada lendir sedikit," ujar Novel.

Terkait hal ini KPK pun lantas mengambil langkah untuk memastikan pemantauan kesehatan Novel dan pegawai lainnya. Langkah tersebut disampaikan oleh Plt Juru Bicara KPK Ali Fikir.  

"KPK telah bekerja sama dengan layanan medis terdekat dari tempat tinggal pegawai untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut," ujar Ali Fikri. 

Lebih lanjut, Ali mengatakan jika pegawai yang dinyatakan positif Covid-19 diminta untuk isolasi mandiri. Selain itu, langkah mitigasi pun diterapkan.  

Sebelumnya terkait dirinya yang terpapar Covid-19, Novel mengaku jika saat ini kondisinya dalam keadaan sehat.  

"Alhamdulillah saya merasa sehat," papar Novel.

Baca Juga : Audit Kasus Bayi Lahir di RS tanpa Pertolongan Rampung, Ini Alasan Dinkes dan IDI Jombang Tak Ungkap Penyebabnya

Ia pun menegaskan jika ia tidak mengalami gejala Covid-19 termasuk sesak napas. Sebelumnya diketahui jika KPK mengadakan test swab bersama Kementerian Kesehatan. Dari hasil test swab itu dinyatakan satu tahanan, sembilan pegawai dan empat non pegawai di lingkup KPK positif Covid-19.