Jamu Senduro (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)
Jamu Senduro (Foto: Bramastyo Dhieka Anugerah / Jatim Times)

Kekompakan dan kebersamaan warga di RW 3 Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, tidak hanya nampak lewat hiasan rumah dari berbagai bunga dan sayur. Warga setempat juga menanam Tanaman Obat Keluarga (Toga). Bahkan di RW ini juga diproduksi menjadi minuman sehat yang memadukan berbagai tanamam berkhasiat dari kampung ini.

Menurut Fauzi Anwar, Ketua RW 3 Desa Senduro, semua orang bisa membuatnya dengan mudah dengan tanaman yang bisa ditanam sendiri di pekarangan rumah.

Baca Juga : Ketua TP PKK Jatim Beber Peran Luar Biasa Wanita dalam Putus Mata Rantai Covid-19

“Pembuatannya sangat mudah, tinggal siapkan jahe, kapulaga, kayu manis, gula merah dan cengkeh. Semua bahan dicuci terlebih dahulu kemudian direbus. Apabila sudah tercium aroma khas, baru didinginkan dan siap dikonsumsi,” jelasnya.

Fauzi Anwar mengatakan, pembuatan ramuan berkasiat ini merupakan hasil kerjasama dan kekompakan Ibu-Ibu di RW 3.  Aktivitas menanam Toga dan mengolahnya menjadi jamu sudah berlangsung lama agar masyarakat bisa sehat dari rumah.

Fauzi menjelaskan, jamu racikan sendiri ini bemanfaat untuk menghilangkan nyeri, meningkatkan imunitas dan mengurangi resiko diabetes. Cukup dengan merebus kayu manis, minuman anti diabetes bisa langsung dikonsumsi.

“Minuman ini bisa juga untuk penyakit diabetes. Cukup ambil kayu manis kemudian direbus dan siap dikonsumsi,”tandasnya.

Baca Juga : Nol Kematian di Rumah Sakit Lapangan, Terapi Karaoke Turut Sembuhkan Pasien Covid-19

Minuman berkasiat ini juga sempat dicicipi oleh Wakil Bupati Lumajang, saat berkeliling desa untuk melihat tanaman hias warga yang terdiri dari bunga, sayur dan tanaman obat keluarga.