Budi Sudarsono pelatih Persik Kediri saat ditemui usai latihan.(eko arif s/Jatimtimes)
Budi Sudarsono pelatih Persik Kediri saat ditemui usai latihan.(eko arif s/Jatimtimes)

Pelatih Persik Kediri, Budi Sudarsono menanggapi serius dengan munculnya sejumlah pemain asing yang didatangkan dari negara Amerika Latin yakni Brazil.

Ya, sejumlah pemain muda berusia 20 tahun tersebut sengaja didatangkan oleh peserta tim Liga Indonesia untuk memenuhi regulasi baru. Di mana setiap peserta tim Liga 1 harus memasukkan setidaknya 2 pemain berusia 20 tahun di daftar susunan pemain (DSP) di setiap laga pertandingan yang dilakukan oleh masing-masing klub.

Baca Juga : Cedera Parah, Kiper Arema Naik Meja Operasi

Padahal, regulasi baru ini dibuat oleh PSSI dengan tujuan memberikan banyak jam bermain pada usia muda sebagai persiapan diri menghadapi piala dunia U-20 yang akan digelar di Indonesia pada 2021 mendatang.

"Jadi kalau saya pribadi, saya tidak setuju. Karena kenapa?kita di sini sebenarnya banyak potensi. Saya kira potensi tersebut tinggal diasahlah," katanya kepada Jatim Times, saat dihubungi seusai gelar latihan sore ini, Jum'at (21/8/2020).

Menurut mantan penyerang Tim Nasional (Timnas) Indonesia ini menyebut, jika tahun ini merupakan surganya bagi pemain Indonesia di tahun 2021.

"Saya kira kasih kesempatan untuk merekalah. Padahal potensi yang kita miliki ini sangat bagus. Seharusnya kita bangga dari binaan dan pemain asal negara kita sendiri," ungkapnya.

Maka dari itu, dengan adanya regulasi baru di usia 20 tahun ini pihaknya akan coba memaksimalkan putra daerah untuk mengisi di slot pemain tersebut.

“Kita akan utamakan pemain lokal, khususnya putra daerah. Ini sesuai dengan program kita. Di mana supaya mereka setelah gabung di tim selama 1-2 tahun mereka dapat berkembang,” ujarnya yang juga menyampaikan, kalau lokal sendiri ada ngapain kita cari yang lain.

Diketahui, menjelang bergulirnya lagi Liga 1 Indonesia yang akan digelar pada 1 Oktober 2020, sepakbola Indonesia sudah kedatangan lima pemain muda Brasil. Kabarnya pemain muda berusia 20 tahun ini selain akan memperkuat tim Liga Indonesia, mereka akan dinaturalisasi dan akan diproyeksikan menjadi salah satu bagian timnas Indonesia.

Baca Juga : Hedipo Gustavo Beri Kode Merapat ke Arema FC, Siapa yang Terdepak?

Namun akan menjadi ironi apabila tujuan mendatangkan pemain muda Brazil itu untuk kepentingan timnas menghadapi Piala Dunia U-20. Karena Indonesia juga memiliki talenta yang bisa berkembang jika sistem pembinaan berjalan baik dengan ukuran pembinaan yang jelas.

Ada tiga tim yang telah mendatangkan pemain muda asal negara Brazil ini, diantaranya Arema FC, Persija Jakarta dan Madura United.

Arema FC telah mengontrak Hugo Guilherme Corre Grillo yang masih berusia 18 tahun dan Pedro Henrique Bartoli berusia 19 tahun. Keduanya dari Brazil. Sedangkan di kubu tim Persija Jakarta untuk saat ini juga tengah menjajal kemampuan dua pemain berusia 19 tahun asal Brazil yakni Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine De Lima. Dan satu lagi Madura United juga mendatangkan Robert Junior Rodrigues Santos yang notabene juga merupakan pemain muda asal negara Brazil.