Gunung atau Jabal Jamadan (Foto: YouTube Alman Mulyana)
Gunung atau Jabal Jamadan (Foto: YouTube Alman Mulyana)

Perjalanan Nabi Muhammad SAW untuk memperjuangan agama Islam selalu menjadi kisah menarik. Diketahui, Nabi Muhammad SAW telah diberikan berbagai mukjizat dari Allah SWT.  

Salah satunya, yakni sebuah gunung yang menjadi saksi bisu terjadinya salah satu mukjizat Rasulullah. Gunung tersebut bernama gunung Jamadan atau Jabal Jamadan yang berada di perkampungan Khulais, di Riyadh.  

Baca Juga : Sangat Sederhana, Begini Penampakan Rumah Masa Kecil Rasulullah SAW

Dipantau melalui tayangan channel YouTube Alman Mulyana, kondisi Jabal Jabal Jamadan itu pun sangat panas. Tak banyak pepohonan yang tumbuh, gunung itu dipenuhi dengan bebatuan atau kerikil.

Dalam hijrahnya, Rasulullah selalu mendapat rintangan. Kendati demikian, ia selalu diberikan pertolongan oleh Allah SWT untuk melancarkan perjalanannya.  

Diceritakan di video tersebut, kala itu Rasulullah tengah melakukan perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah. Namun, di tengah perjalanan ia dikejar oleh kaum Quraisy.  

Di perjalanan itu Rasul lantas dilindungi oleh sebuah gunung yang berjalan mengikutinya. Untuk menghentikan gunung tersebut, Rasul lantas menancapkan pedang di sebuah batu.  

Di situlah turun mukjizat, gunung tersebut akhirnya berhenti dan hingga sekarang berada di perkampungan Khulais tersebut. Gunung tersebut menjadi satu-satunya gunung yang bisa berjalan di dunia dan berhasil dihentikan oleh Rasul.

Tak hanya itu saja, di sekitaran tersebut juga ditunjukkan makam yang rata dengan tanah dan hanya ditandai oleh batu balok sebagai nisan. Dikabarkan juga, bekas batu yang ditancapi pedang oleh Rasulullah kala itu masih ada.  

Baca Juga : Kisah Kurma Haram yang Jadi Halal untuk Anak Sahabat Rasulullah yang Kelaparan

Sayangnya tak diinformasikan dimana letak detail batu tersebut. Hanya dikatakan jika batu itu ada di sekitar sutet sehingga tak bisa dikunjungi.  

Video : GUNUNG INI MENJADI SAKSI BISU TERJADINYA MUKJIZAT NABI MUHAMMAD