Facebook VS TikTok (Foto:  WSTale)
Facebook VS TikTok (Foto: WSTale)

Facebook baru saja resmi meluncurkan fitur Reels di Instagram pada Rabu (5/8/2020). Kabarnya fitur Reels itu sangat mirip dengan aplikasi TikTok.  

Peluncuran Reels ini diumumkan di tengah proses negosiasi terkait akuisisi bisnis TikTok di Amerika Serikat oleh Microsoft.  

Baca Juga : Facebook Rilis "Reels" di Instagram, Fitur Baru Video Pendek Mirip TikTok

Dilansir melalui TechCrunch, Facebook rupanya tak pernah kehabisan ide untuk meluncurkan berbagai fitur menarik. Dikabarkan jika Facebook kini sedang menguji coba format video bergaya TikTok di India.  

Uji coba tersebut menunjukkan "Short Video" yang memiliki bagian khusus dalam News Feed. Di atasnya ada tombol "Create" yang digunakan pengguna untuk membuka kamera facebook atau menelusuri unggahan video singkat dari pengguna lain.

"Kami selalu menguji alat kreatif terbaru, sehingga kami dapat mempelajari tentang bagaimana orang ingin mengekspresikan diri. Video berdurasi pendek sangat populer dan kami mencari cara baru untuk memberikan pengalaman ini agar orang terhubung, membuat, dan berbagi di Facebook," kata juru bicara Facebook.

Dikatakan oleh konsultan media sosial, Matt Navarra, Facebook berusaha mengisi celah setelah TikTok dilarang di India sejak akhir Juni 2020.  

Sebuah sumber mengatakan jika keterlibatan harian layanan Facebook di India semakin meningkat lebih dari 25 % sejak TikTok diblokir.  

Baca Juga : Disdik Ngawi Luncurkan Aplikasi SIMPEL Atasi Kesulitan Belajar

Sebelumnya diketahui, sejumlah startup lokal termasuk ShareChat yang didukung Twitter dan layanan streaming Gaanda dan MX Player dari Times Internet sudah meluncurkan aplikasi mandiri untuk mereplikasi pengalaman sosial yang disediakan TikTok.  

Aplikasi tersebut mengklaim telah menambah puluhan juta pengguna baru sejak adanya fitur tersebut.