Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Sahabat Rasulullah SAW yang turut berperang membela Islam tentunya bukan hanya dari kalangan laki-laki saja. Tak sedikit pula para perempuan ikut serta berjihad dan membela Islam.

Salah satu tokoh yang sangat terkenal dan termasyhur itu adalah Ummu Umarah. Perempuan anshar yang tak kenal takut dengan pedang musuh. Bahkan ia mendapat julukan sebagai Singa Merah karena sangking berani dan beringasnya membantai musuh di medan perang.

Baca Juga : Gus Baha: Problem Kita Sekarang ini Biasa Didikte Orang Bodoh

Ustadz Hanan Attaki dalam sebuah kajian menyampaikan, Ummu Umarah merupakan salah satu prajurit perempuan anshar yang paling banyak mengikuti peperangan bersama Rasulullah SAW. Ummu Umarah bahkan pernah mengalami luka di bagian lehernya.

Ummu Umarah memiliki julukan Singa Merah karena dia sangat pemberani dan berdarah-darah dalam membela Islam.

Dalam Perang Uhud, dikisahkan saat kaum muslimin dalam keadaan kacau balau, maka salah satu yang kembali melindungi Rasulullah SAW adalah Ummu Umarah.

Dia melindungi Rasulullah SAW tanpa membawa senjata dan ketika musuh hendak menebas Rasulullah SAW, maka Ummu Umarah menahan pedang musuh dengan tubuhnya.

Setiap kali menahan dengan badannya, Ummu Umarah merasa lega dan tersenyum saat melihat Rasulullah SAW tak terluka. Setidaknya ada 20 luka panah, tombak, hingga sayatan pedang di tubuh Ummu Umarah. Termasuk yang paling parah adalah pada bagian lehernya. Dia sangat rela mati demi Rasulullah SAW.

Sampai kemudian dia ditandu saat pulang dan kembali. Saat sedang dirawat dan dijahit, Rasulullah SAW khawatir dan mendatangi tenda Ummu Umarah.

Rasulullah SAW yang berada di luar tenda pun menyampaikan salam. Ummu Umarah yang sedang dijahit lukanya langsung berdiri dan menutup semua lukanya saat mengetahui Rasulullah datang.

Baca Juga : Membunuh dan Memakan Jantung Paman Rasulullah SAW, Begini Kisah Masuk Islamnya Hindun

Ummu Umarah menanyakan kondisi Rasulullah SAW dan menyampaikan jika dirinya juga dalam kondisi baik. Padahal darah saat itu mengucur dan tembus hingga jilbabnya.

Rasulullah SAW kemudian bertanya, “Ya Umarah, apa yang engkau harapkan dari semua perjuanganmu ini?”

Lalu Ummu Umarah menjawab, “Ya Rasulullah SAW, hanya satu yang saya harapkan. Doakanlah saya menjadi tetanggamu di dalam surga.”

Rasulullah SAW pun berdoa agar Allah SWT menjadikan Ummu Umarah dan keluarganya untuk menjadi ahli surga.