Usai Ketua DPRD Jember, Kejari Bidik Tersangka Lain Perkara Bansos? | Jember TIMES

Usai Ketua DPRD Jember, Kejari Bidik Tersangka Lain Perkara Bansos?

Feb 15, 2018 18:50
Kepala Kejaksaan Negeri Jember H. Ponco Hartanto SH
Kepala Kejaksaan Negeri Jember H. Ponco Hartanto SH

Penyidik Kejaksaan Negeri Jember terus melakukan pengembangan penyidikan untuk mengungkap aktor-aktor lain dalam kasus dugaan Korupsi anggaran APBD Jember yang merugikan negara mencapat 33 Milyar. Itu menyusul penetapan tersangka ketua DPRD Jember H. Thoif Zamroni dalam kasus dugaan Korupsi Bantuan Sosial 2015, 

“Kami akan terus mengembangkan penyidikan usai penetapan ketua DPRD Jember sebagai tersangka," kata Kasi Interl Kejaksaan Negeri Jember Agus Kurniawan kepada JemberTIMES, Kamis (15/2/2018).

Saat ini, kata dia sudah ada 4 terdakwa yang sedang menjalani persidangan. Untuk itu, pihaknya akan terus menelusuri semua pihak yang turut terlibat dalam kasus tersebut.

Agus menambahkan, bahwa Kejari sudah menyiapkan langkah-langkah hukum untuk menuntaskan kasus ini, “Tentunya dari 2 alat bukti akan kita perkuat lagi, saat ini tim sedang bekerja mengumpulkan sebanyak-banyaknya alat bukti itu untuk melengkapi berkas peradilan," tegasnya.

Sementara Kepala Kejaksaan Negeri Jember Poncho Hartanto berharap agar dalam penanganan perkara dugaan korupsi itu, Ketua DPRD Jember Thoif Zambroni mampu menjadi Justice Collaborator untuk mengungkap aktor intelektual lain yang juga turut bertanggung jawab atas perbuatan melawan hukum yang dilakukan.

"Yang perlu dicatat itu agar tersangka TZ ini bisa bersikap koperatif dan menjadi justice collaborator untuk membongkar aktor lainnya dalam praktek-praktek penyimpangan hibah bansos yang ada di Kabupaten Jember," tandasnya.

Terkait penanganan kasus itu, jaksa menjerat Ketua DPRD Jember Thoif Zambroni dengan 3 pasal sekaligus. "Atas perbuatan melanggar hukum, Tersangka kita jeratkan dengan pasal 2,3 dan pasal 11 UU Tipikor, paling ringan ancaman hukumannya 4 tahun maksimal seumur hidup," kata Kepala Kejaksaan Negeri Jember, Poncho Hartanto. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Korupsi anggaran APBD Jember Ketua DPRD Jember Kepala Kejaksaan Negeri Jember

Berita Lainnya